Wisata

Kalsel Gaet Wisatawan Jatim dengan Destinasi Wisata Geopark Meratus

Oleh: Anik Hasanah Editor: Komsatun 07 Oct 2023 - 18:47 Surabaya
Kalsel Gaet Wisatawan Jatim dengan Destinasi Wisata Geopark Meratus
Peluncuran paket wisata Geopark Meratus di Tunjungan Plaza 3 (Foto: Anik RRI)

KBRN, Surabaya: Indonesia kaya akan objek wisata, baik wisata alam, edukasi, hingga wisata buatan. Salah satu objek wisata alam yang sedang naik daun adalah Geopark Meratus, di Kalimantan Selatan (Kalsel).

Pengelola Geopark Meratus memperkenalkan objek wisata taman bumi dengan berbagai keindahan alam hutan, pegunungan, perairan hingga budaya ini kepada masyarakat Surabaya, Jawa Timur.

Masyarakat Kota Surabaya dan sekitarnya, dapat memperoleh informasi untuk menuju objek wisata ini, melalui acara peluncuran Paket Destinasi Wisata Geopark Meratus, di Atrium Tunjungan Plaza 3 Surabaya, Sabtu (7/10/2023).

Ketua Harian Badan Pengelola Geopark Meratus, Hanifah Dwi Nirwana menjelaskan, ada beragam hal yang ditawarkan, mulai dari eksotisme hutan hujan tropis, Bekantan, serta budaya masyarakat Dayak yang masih kental.

"Dan tentunya yang tak kalah penting juga sejarah kebumian yang ada di Kalimantan Selatan. Salah satu buktinya yang bisa kita nikmati sekarang adalah intan yang ada di sana," katanya.

Dari sisi Geo University maupun Bio University yang dimiliki oleh Kalsel, seperti keanekaragaman hayati yang ada, termasuk Anggrek, serta berbagai macam pepohonan yang tidak ada di Jawa.

"Dan juga tentunya Culture University. Dimana budaya masyarakat Banjar, dan Dayak yang hidup serasi, masih sangat kental. Selain bagaimana masyarakat yang lain juga, suku suku yang lain di Meratus itu, dengan serasi," imbuhnya.

Muhammad Helmi selaku CEO Shafwah Group, partner Peluncuran Destinasi Wisata Geopark Meratus ini mengungkapkan, untuk semakin meningkatkan kunjungan wisata ini, pihaknya berkolaborasi dengan agen wisata di Jatim.

"Sasaran utama kita adalah membangun jaringan pasar, kepada para pelaku pelaku wisata di Jawa Timur. Artinya partnership dengan pelaku pelaku wisata di Jatim, untuk mengembangkan wisata kita," ujarnya.

Destinasi wisata Geopark Meratus ini ditawarkan empat rute. Yaknu rute barat, timur, utara, dan selatan. Dijelaskannya, masing masing punya keunikan tersendiri.

"Khusus untuk hutan hujan tropis, itu kita bisa masuk ke rute selatan. Kemudian khusua untuk masyarakat Dayak, itu kita masuk ke rute utara. Bagaimana budaya dan sejarah, itu masuk rute barat. Rute selatan, itu bagaimana susur sungai Kalimantan Selatan," tuturnya.

Bagi masyarakat yang tertarik dengan destinasi wisata Geopark Meratus bisa langsung berkunjung ke pameran yang ada di Atrium Tunjungan Plaza 3 Surabaya. Pameran ini berlangsung sejak 6-8 Oktober 2023. Atau dapat menghubungi www.shafwahholidays.com