Wisata

HUT Tenggarong ke-241 Momentum Lestarikan Adat Kutai

Oleh: Marga Rahayu Editor: Ridzki Multianatha 27 Sep 2023 - 23:21 Samarinda
HUT Tenggarong ke-241 Momentum Lestarikan Adat Kutai
Sidang HUT Kota Tenggarong (Foto: murdian)HUMPROP DPRD KUKAR

KBRN, Tenggarong :  Memperingati Hari Ulang Tahun ke-241 Kota Tenggarong, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kutai Kartanegara (Kukar) bersama Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) pada Rabu (27/09/2023) menghadiri Rapat Paripurna Istimewa dengan agenda mendengarkan pidato Bupati Edi Damansyah di Gedung Dewan.

Rapat dipimpin Ketua DPRD Kukar Abdul Rasid didampingi unsur pimpinan DPRD Kukar beserta anggota dewan dengan dihadiri Bupati Kukar Edi Damansyah, seluruh unsur Forkopimda, perwakilan Anggota DPRD Kaltim, anggota DPRD Hulu Sungai Tengah dan Anggota DPRD Mahulu serta para Kepala OPD, para camat dan tamu undangan lainnya.

Sebelum sidang dimulai para pimpinan, anggota DPRD dan ratusan undangan lainnya di hibur dengan tari gantar asaq Pare, pegelaran teater Ngapeh dengan tema Erau Budaya oleh Busu Drajat dan Mbok Timok, paduan suara sekretariat DPRD Kukar dan hiburan lainnya.

Usai memimpin paripurna, Ketua DPRD Kukar menyampaikan harapannya melalui HUT ke-241 Kota Raja Tenggarong ini harus berbenah. "Sebagai ibukota Kukar, tentu infrastruktur maupun SDM harus ditata dengan benar. Terlebih kehadiran IKN, pasti berdampak terhadap pelaksanaan Erau secara langsung atau tidak. Maka melalui HUT Tenggarong ini bagaimana Kukar mempublikasikan budaya dan kesenian ke masyarakat luar wajib kita kawal bersama," kata Rasid mengutip rilis DPRD Kukar.

Ia menjelaskan budaya Kukar dengan Tradisi Kesultanan yang eksis turun temurun sangat mampu menjadi  keunggulan dibanding kabupaten/kota yang ada di Kaltim.

"Pemkab dan pemuda Kukar agar konsisten menjaga eksistensi budaya ini. Diimbau khususnya kepada anak muda agar berperan dalam menjaga adat istiadat leluhur. "Karena siapa lagi kalau bukan kita. Makanya saya sangat senang jika ada pelatihan untuk pemuda, khususnya di seni dan budaya, ini menjadi cikal bakal kita melestarikan budaya Kukar," ucap Rasid.