Wisata

PLN Dorong Pembinaan Desa Wisata di Bali

Oleh: Ida ayu Frischa Mahayani Editor: Hikmat Raharjo Oetomo 20 Sep 2023 - 22:38 Denpasar
PLN Dorong Pembinaan Desa Wisata di Bali
Penyerahan Bantuan Program Pengembangan Desa Berdaya menjadi Potensi Wisata oleh Manager Komunikasi dan TJSL PT PLN (Persero) Unit Induk Distribusi Bali I Made Arya yang diterima Ketua Pokdarwis Wirawana Pagubungan I Ketut Master disaksikan Bupati Jembrana I Nengah Tambah (paling kiri) dan juga dari Tim Kemenparekraf yang di hadiri oleh Direktur Tata Kelola Destinasi Indra Ni Tua (paling kanan)

KBRN, Denpasar : Program Desa Berdaya PLN terus ditingkatkan. Program tersebut bertujuan untuk membangun kawasan desa tangguh binaan PLN dengan konsep empowerment sehingga dapat menjadi role model optimasi potensi desa berbasis Sustainable Development Goals (SDGs).

Manager Komunikasi dan TJSL PT PLN (Persero) Unit Induk Distribusi Bali, kepada RRI I Made Arya di Denpasar  , Rabu (20/9/2023) mengatakan Program Desa Berdaya PLN mengintegrasikan 3 pilar yakni Pendidikan, Lingkungan dan Pengembangan UMK.

โ€œSepeti yang dikembangkan di Desa Manistutu yang kemudian membawa Desa Wisata Manistutu mampu meraih peringkat 8 dalam ADWI tahun 2023," ungkapnya.

Ia menambahkan tujuan program Desa Berdaya bagi PLN adalah untuk melahirkan kawasan desa tangguh yang lebih sejahtera dengan menggerakkan komponen desa dan desa adat agar aktif mendorong pertumbuhan desa. 

"Kami berharap dengan predikat ini, Desa Wisata Manistutu mampu memberikan manfaat yang lebih besar lagi bagi kesejahteraan masyarakat, dan juga dapat memberikan kebanggaan serta motivasi untuk terus tumbuh menjadi desa yang terus berprestasi," ucap Arya. 

Ketua Pokdarwis Wirawana Pagubugan, I Ketut Master yang sekaligus merupakan Badan Pengelola Desa Wisata Manistutu menjelaskan, program Program Desa Berdaya PLN, sangat bermanfaat bagi pengembangan Desa Wisata Manistutu.

"Program Desa Berdaya PLN menjawab kebutuhan kami dalam mengembangkan Desa Wisata yang harus didukung oleh semua lini, baik itu SDM, produk UMK sebagai souvenir dan daya tarik pengunjung yang siap kapanpun dikunjungi oleh wisatawan," ujarnya. 

Master berharap dukungan ini terus berlanjut hingga membawa Desa Wisata Manistutu yang saat ini merupakan Desa Wisata Rintisan, meningkat menjadi Desa Wisata Maju. 

"Semoga semangat kami untuk terus mengembangkan desa wisata, bisa didukung penuh oleh PLN, sehingga mampu membawa ke level Desa Wisata Maju," sambungnya. 

Perbekel Manistutu, I Komang Budiana didampingi oleh Bandesa Adat Manistutu, I Wayan Reden juga menyampaikan apresiasi dan ucapan terima kasih kepada PLN. 

Menurutnya, melalui Program Desa Berdaya PLN, Desa Wisata Manistutu dapat menemukan bentuk sebagai Desa Wisata yang utuh dan terintegrasi. 

Dukungan pengembangan di 3 pilar yakni Pendidikan, Lingkungan dan Pengembangan UMK, sejatinya membentuk Desa Wisata Manistutu menjadi Desa Wisata yang siap menerima kunjungan wisatawan. 

Selain itu, partisipasi masyarakat juga dapat berjalan dengan maksimal, karena seluruh komponen desa dan desa adat dapat berperan aktif ikut serta mendorong pertumbuhan Desa Wisata Manistutu. 

"Melalui program Desa Berdaya PLN ini, kami bisa memetakan potensi desa dengan lebih baik, ini sangat penting utamanya dalam menyusun road map pengembangan Desa Wisata," pungkasnya.