Wisata

Siagakan 10 Personil Setiap Hari, Pos Satgas Pemantau Pantai Kembali Diaktifkan

Oleh: LN. Antonia Sinaga Editor: Isfal Andri 06 Sep 2023 - 13:41 Bengkulu
Siagakan 10 Personil Setiap Hari, Pos Satgas Pemantau Pantai Kembali Diaktifkan
Siagakan 10 Personil Setiap Hari, Pos Satgas Pemantau Pantai Kembali Diaktifkan

KBRN, Bengkulu: Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Provinsi Bengkulu akan kembali mengaktifkan Pos Satgas Pemantau Pantai dengan menyiagakan personil gabungan dari BPBD Provinsi Bengkulu dan BPBD Kota Bengkulu, Basarnas Provinsi Bengkulu, Dinas Pariwista Provinsi Bengkulu dan Satpol PP Provinsi Bengkulu. 

Melalui rapat koordinasi yang dipimpin Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Provinsi Bengkulu, Jaduliwan disepakati untuk penjagaan Pos Satgas Pemantau Pantai, akan disiagakan 10 orang personil setiap harinya dengan system bergantian (shift). 

“Mungkin selama ini ada yang kurang aktif, kita minta lebih aktif dengan keterwakilan masing-masing untuk mengamankan kawasan pantai. Terutama pada saat sore hari karena lebih ramai, sehingga petugas diharapkan melakukan pemantauan masyarakat pengunjung. Pastikan dimana posisi mereka dan melakukan himbauan-himbauan ketika ada aktivitas membahayakan,” ujar Jaduliwan, Rabu (6/9) usai melaksanakan rapat bersama di Pos Satgas Pemantau Pantai Panjang. 

Seluruh pihak terkait diharapkan memaksimalkan peranannya masing-masing untuk mengamankan kawasan pantai khususnya terhadap pengunjung, sehingga bisa mengantisipasi hal-hal yang tidak diinginkan. Apalagi dalam beberapa waktu ini, kejadian orang tenggelam di kawasan Pantai Panjang kerap terjadi disamping juga untuk memantau kerawanan kebencanaan di kawasan pesisir. 

“Minimal untuk langkah pertama, mengetahui informasi dan kondisi terkini di lapangan (pantai). Jika ada kejadian bisa langsung diantisipasi termasuk jika dibutuhkan tambahan petugas, peralatan dan logistik lainnya bisa dikoordinasikan dari sini,” tutupnya.

Dengan pengaktifan kembali Pos Satgas Pemantau Pantai ini diharapkan nantinya lebih memberikan kenyamanan dan keamanan di kawasan wisata Pantai Panjang Kota Bengkulu. (Lns)