Wisata

Jember Fashion Carnaval Pecahkan Dua Rekor

Oleh: Iman Editor: Heri Firmansyah 08 Aug 2023 - 01:50 Pusat Pemberitaan
Jember Fashion Carnaval Pecahkan Dua Rekor
Sejumlah peserta karnaval mengenakan kostum bertema Wonderful Archipelago Carnival Indonesia pada pembukaan Jember Fashion Carnaval 2023, Jumat (4/8/2023) (Foto: JPNN)

KBRN, Jakarta: Jember Fashion Carnaval (JFC) sukses digelar pada 4-6 Agustus 2023. Perhelatan yang ke-21 ini memecahkan dua rekor.  

"Yang pertama rekor UMKM terbanyak yakni 2.548 UMKM. Kemudian rekor lampu sorot terbanyak 280 lampu setelah dihitung," kata Presiden Jember Fashion Carnaval 2023, Budi Setiawan dalam perbincangan dengan Pro 3 RRI, Kamis (8/8/2023) malam. 

Budi mengatakan, ke-2.548 UMKM tersebut terdiri dari sektor kuliner, kerajinan tangan, dan produk industri rumah tangga. "Kita memprioritaskan UMKM dari Jember, tetapi tidak menutup kemungkinan juga dari luar Jember. Hal itu karena Jember Fashion Carnaval menjadi bagian keberkahan bagi masyarakat," ujarnya. 

Menurut Budi, pendapatan ribuan UMKM ini menjadi berlipat dari perhelatan tersebut. "Kalau dari sisi bergeraknya ekonomi kreatif itu menyentuh di semua aspek. Dampak ekonominya besar," ucapnya.   

Lebih lanjut, Budi merinci pengunjung Jember Fashion Carnaval mencapai lebih dari 500 ribu pengunjung. Mereka berasal dari dalam dan luar kota Jember.

Ia menyebut perhelatan Jember Fashion Carnaval ini mendapat apresiasi dari negara-negara lain. Salah satunya dengan kedatangan peserta dari Jepang. "Jadi ada 32 orang peserta asal Jepang yang hadir," katanya.

Ke-32 orang peserta asal Jepang tersebut terbagi dalam tiga kelompok, yakni Dancer Performer, Desainer atau Musisi, serta Maru Foundation. "Maru Foundation ini bergerak di bidang pendidikan. Mereka datang memberikan donasi untuk tiga sekolah di Jember," ujar Budi menjelaskan.

Kegiatan Jember Fashion Carnaval dimulai dengan karnaval busana dari berbagai daerah di sejumlah provinsi melalui Wonderful Archipelago Carnival Indonesia (WACI). Kemudian dilanjutkan dengan Artwear Carnival, World Kids Carnival, hingga puncaknya Grand Carnival. Namun ada pula beberapa kegiatan lainnya seperti pameran UMKM, Meteorit Exhibition 2023, hingga JFC Exhibition.