Wisata

WNA India Jatuh Dari Tebing Setinggi 40 Meter Di Broken Beach Nusa Penida

Oleh: Ida ayu Frischa Mahayani Editor: Ni Nyoman Kasih 05 Mar 2023 - 16:00 Denpasar
WNA India Jatuh Dari Tebing Setinggi 40 Meter Di Broken Beach Nusa Penida
Tim SAR Lakukan Proses Evakuasi Terhadap WNA India Jatuh Dari Tebing Setinggi 40 Meter Di Broken Beach Nusa Penida

KBRN, Denpasar: Nasib naas dialami seorang WNA asal India, Abhishek Bathia (L), dirinya jatuh dari tebing setinggi 40 meter di kawasan Pantai Broken Beach, Desa Bunga Mekar, Nusa Penida Sabtu, (4/3/2023) sekira pukul 16.30 Wita. Dari informasi yang diperoleh Koordinator Unit Siaga SAR Nusa Penida, Cakra Negara korban bersama dengan seorang rekannya tiba di Pantai Broken Beach sekitar pukul 16.20 Wita.

"Driver korban kemudian mengabadikan moment korban saat berada di sisi tebing broken beach sambil menunggu rekannya, namun korban malah terpeleset dan jatuh ke jurang" imbuh Cakra Negara.

Disisi lain Kepala Kantor Basarnas Bali, Gede Darmada, S.E.,M.A.P. membenarkan kejadian tersebut. "Setah terima informasi kejadian, saya langsung memerintahkan personil yang berada di nusa penida untuk melakukan evakuasi" terang Darmada.

Ia menambahkan lokasi tebing yang terjal sedikit menyulitkan proses evakuasi. "Kita turunkan 2 orang penolong, satu dari Basarnas dan satu dari Polsek Nusa Penida" imbuhnya.

Proses evakuasi berlangsung sekitar dua jam dan korban berhasil dievakuasi dari dasar jurang sekitar pukul 20.30 Wita. "Korban sudah dalam kondisi meninggal dunia, selanjutnya kita evakuasi menuju Rumah Sakit Gema Shanti, Nusa Penida" tutupnya.

Dengan banyaknya wisatawan yang ingin berkunjung ke nusa penida tentunya meningkatkan resiko terjadinya kecelakaan, untuk itu Gede Darmada menghimbau kepada wisatawan, pengelola dan juga pelaku wisata agar benar - benar memperhatikan aspek keselamatan mengingat sering terjadinya kecelakaan saat berwisata yang merenggut korban jiwa.

Dalam upaya evakuasi turut melibatkan unsur SAR Gabungan dari, Unit Siaga SAR Nusa Penida, Polsek Nusa Penida, Polair Polsek Nusa Penida, Koramil Nusa Penida, BPBD Klungkung, Tim Medis Rumah Sakit Gema Shanti dan Masyarakat Setempat.