Wisata

Sambut Kunjungan Wisman Potensial, Pelaku Pariwisata Siapkan Sejumlah Langkah

Oleh: Ida ayu Frischa Mahayani Editor: Ni Nyoman Kasih 05 Mar 2023 - 16:01 Denpasar
Sambut Kunjungan Wisman Potensial, Pelaku Pariwisata  Siapkan Sejumlah Langkah
Ilustrasi Kunjungan Wisatawan ke Pantai Sanur (Istimewa)

KBRN, Denpasar: Menyambut kunjungan wisatwan mancanegara dari sejumlah negara yang potensial, sejumlah langkah dilakukan Dinas Pariwisata Kota Denpasar. Upaya pesiapan tersebut sejatinya telah digenjot sejak tahun  lalu dan saat ini  telah siap menyambut  limpahan kunjungan wisman. 

Kepala Dinas Pariwisata  Kota Denpasar Dezire Mulyani, dikonfirmasi RRI di Denpasar, Minggu (05/03/2023) terkait kesiapan menyambut kunjungan wisman  dari sejumlah negara yang potensial mengatakan  bahwa saat ini pihaknya sudah melakukan  penataan serta  memperbaiki destinasi wisata seperti sanur, Pelabuhan, Pasar Kumbasari dan  hotel-hotel. 

Meski dari sisi  infrastruktu sudah baik, namun Dezire  juga berharap wisatawan yang bekunjung ke Kota Denpasar tidak saja dari sisi kuantitas  tetapi juga berkualitas.

“Dengan kunjungan wisatawan China ini kami juga berharap selain jumlahnya yang banyak tetapi juga kualitasnya. Sehingga kunjungan ini juga dapat memberikan keuntungan bagi kota Denpasar “,  harapnya.

Ditanya terkait angka kunjungan wisatawan ke Kota Denpasar, saat ini sudah mencapai 1,6 juta  per bulan dengan tingkat hunian hotel rata-rata 50-60 persen.

Tidak saja di Kota Denpasar, pesiapan penyambut kunjungan wisman yang potensial khususnya China juga dilakukan DTW Tanah Lot. Kepala Divisi Humas DTW Tanah Lot Putu Erawan dikonfrimasi terpisah mengatakan, selain melakukan penataan objek wisata, Ia juga telah memberikan pembekalan bahasa mandari kepada sejumlah karyawannya.  Pembekalan ini turut melibatkan pihak kampus, sehingga nantinya pelayanan yang diberikan kepada wisatawan lebih optimal.

“Memang kita  tidak ada kesiapan yang spesifik, terutama yang kita siapkan seluruhnya adalah memastikan  lingkungan bersih dan tetap memastikan prokes jalan”, jelasnya.

Berdasarkan data  kunjungan ke DTW Tanah Lot khususnya untuk wisatawan China  rata-rata 2.000 lebih per hari sebelum pandemi Covid-19. Sementara Pasca pandemi  Covid-19  mulai menggeliat 200-500 orang per hari.