Sepak Bola

Perhitungan Garuda Nusantara Lolos 16 Besar Asian Games

Oleh: Rifki Editor: Cecep 22 Sep 2023 - 20:30 Pusat Pemberitaan
Perhitungan Garuda Nusantara Lolos 16 Besar Asian Games
Pesepak bola Timnas U-24 Indonesia berpose sebelum melawan Kirgistan dalam pertandingan kualifikasi Grup F Asian Games 2022 di Zhejiang Normal University East Stadium, Hangzhou, China, Selasa (19/9/2023). (Foto: NOC Indonesia/Naif Al’As)

KBRN, Jakarta: Timnas Indonesia U-24 akan menghadapi Korea Utara pada babak penyisihan Grup F sepak bola Asian Games 2022, Sabtu (23/9/2023) nanti. Skuad Garuda Nusantara masih memiliki peluang terbuka untuk bisa lolos ke babak 16 besar.

Sebelumnya, Indonesia kalah dari Taiwan 0-1 pada laga kedua Grup F di Stadion Universitas Zhejiang Hangzhou China, Kamis (21/9/2023) sore WIB. Hasil ini membuat peluang lolos Bagas dkk. ke babak 16 besar tak lagi sebesar sebelumnya.

Kekalahan lawan Taiwan sendiri membuat Indonesia turun ke posisi kedua pada klasemen sementara Grup F dengan tiga poin dari dua pertandingan, sementara Korea Utara kokoh di puncak dengan hasil sempurna. Ada beberapa skenario terbaik yang mungkin tercipta untuk memuluskan langkah skuad Merah-Putih ke babak gugur.

Indonesia menang atas Korea Utara

Cara terbaik yang bisa dilakukan Indonesia untuk memastikan tiket ke babak 16 besar sepak bola Asia Games 2022 harus menang atas Korea Utara pada Sabtu (23/9/2023). Kemenangan itu akan memastikan laju Indonesia ke babak 16 besar, entah itu dari jalur runner-up terbaik atau bahkan menjadi juara grup.

Jika mengalahkan Korea Utara, Indonesia bisa menjadi juara grup. Namun, dengan syarat Taiwan tidak menang dengan selisih lebih dari tiga gol di laga lainnya.

Indonesia ditahan imbang Korea Utara

Tim asuhan Indra Sjafri masih bisa lolos sebagai runner-up grup jika hanya bermain imbang dengan Korea Utara, namun Kirgistan harus mengalahkan Taiwan. Dengan begini, jumlah poin Indonesia akan lebih banyak dari kedua negara tersebut.

Jika Taiwan juga bermain imbang dengan Kirgistan, maka Taiwan akan finis di atas Indonesia karena menang head-to-head. Jika skenario ini terjadi, Indonesia hanya bisa berharap lolos sebagai salah satu tim peringkat tiga terbaik.

Indonesia Kalah dari Korea Utara

Indonesia masih memiliki peluang untuk lolos ke babak 16 besar jika kalah dari Korea Utara pada laga terakhirnya. Namun, dengan syarat tidak kalah lebih dari selisih satu gol dan di laga lainnya Kirgistan mengalahkan Taiwan dengan selisih satu gol juga.

Jika Indonesia kalan dari Korea Utara dan Taiwan menang atas Kirgistan, Skuad Garuda Nusantara harus berharap bisa lolos dari jalur peringkat tiga terbaik. Indonesia harus bersaing dengan lima grup lainnya untuk memperebutkan empat peringkat tiga terbaik. 

Laga Timnas Indonesia U-24 melawan Korea Utara pada lanjutan Grup F sepak bola Asian Games 2022 akan digelar di Stadion Universitas Zhejiang Hangzhou China, Sabtu (23/9/2023) mendatang. Bagas dkk. diharapkan mampu mendulang hasil terbaik demi bisa menyumbang medali bagi Tim Merah Putih pada ajang multievent paling bergengsi se-Asia itu.​