• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Daerah

Kesbangpol Garut Verifikasi 400 LSM dan Ormas

16 January
18:05 2017
1 Votes (2)

KBRN, Garut :  Bentrokan antar dua kelompok berbeda pasca pemeriksaan Habib Rizieq Shihab berujung pada pengrusakan markas salah satu organisasi masyarakat (ormas) di tiga tempat di Jawa Barat. Selain itu, juga berbuntut aksi di berbagai daerah tidak terkecuali di Kabupaten Garut.

Ratusan masa ormas FPI Garut, mendatangi kantor DPRD mendesak lembaga setempat untuk membekukan LSM GMBI Garut.

"Kami tidak serta merta bisa merealisasikan permintaan DPRD, atas desakan FPI,kami  tidak memiliki kewenangan untuk membekukan ormas atau LSM yang sudah mendapatkan legalitas atau Surat Keterangan Terdaftar (SKT) sebagai ormas atau LSM," terang Kepala Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (kesbangpol) Pemkab Garut, Wahyu Dijaya, Senin (16/01/2017).

"Yang berhak memiliki otoritas tehnis  dalam membekukan LSM atau ormas, adalah kewenangan Kemenhumham. Dan untuk membekukan LSM atau ormas yang sudah terdaftar, tidak sesederhana yang dibayangkan tetapi ada instrumen persyaratan tehnis yang harus ditempuh sesuai dengan kepmen no 35 tahun 2015 tentang ormas dan LSM," tandasnya.

Dibagian lain, Wahyu mengungkapkan, Kesbangpol Garut saat ini tengah melakukan verifikasi terhadap lebih dari 400 LSM dan Ormas yang terdaftar di institusinya. (IR/DS)

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00