Komisi I Puji RRI Gelar Acara Menangkal Hoaks

Ketua Komisi I DPR RI Meutya Hafid. (Foto: Dipta/RRI)

KBRN, Jakarta: Dalam rangkaian acara Hari Pers Nasional 2023, LPP Radio Republik Indonesia (RRI) mengelar acara bertemakan 'Gerakan Cerdas Memilih Menangkal Hoaks di Tahun Politik'. Kali ini acara diselenggarakan di Halaman RRI Medan, Sumatra Utara, Kamis (9/2/2023). 

Dalam paparannya, Ketua Komisi I DPR RI Meutya Hafid mengapresiasi acara yang digelar oleh LPP RRI. Pasalnya, saat ini masyarakat membutuhkan literasi secara langsung dalam menangkal hoaks jelang Pemilu 2024.

"Bahwa masyarakat terutama generasi milenial itu mendapatkan beritanya melalui sosial media lebih banyak daripada media. Kecuali RRI yang selalu di hati masyarakat," kata Meutya dalam acara diskusi RRI, Medan, Kamis (9/2/2023). 

Lebih jauh, politisi Golkar ini mengungkapkan, bahwa di era digital dan internet perlu ada pengawasan untuk memilih berita. Pasalnya, di media sosial banyak berita yang tidak bertanggung jawab dibuat oleh akun anonim. 

"Apapun media digitalnya, tetap dengerin dan lihat Radio Republik Indonesia. Karena sudah paling bertanggung jawab, apalagi yang mengawasi Komisi I DPR RI," ujarnya. 

Presiden Joko Widodo meminta agar media arus utama atau mainstream dapat menjadi rumah penjernih informasi. Atau clearing house of information.

"Insan media arus utama, media mainstream justru sangat dibutuhkan untuk menjadi 'rumah penjernih informasi'. Penting sekali menjadi clearing house of information," kata Jokowi dalam acara puncak Hari Pers Nasional (HPN) Tahun 2023 di Medan, Sumatra Utara, Kamis (9/2/2023). 

Tahun ini merupakan peringatan HPN ke-28 sejak pertama kali diselenggarakan pada 9 Februari 1985. Tema peringatan HPN Tahun 2023 ialah "Pers Bebas, Demokrasi Bermartabat".

"Menyajikan informasi yang terverifikasi dan menjalankan peran sebagai communication of hope yang memberi harapan bagi kita semua," ucapnya.