Olimpik

Atlet Bantul ini Sukses Bawa DIY Lolos PON 2024

Oleh: Mahadevi Pramitha Editor: Yahya Widada 25 Sep 2023 - 21:04 Yogyakarta
Atlet Bantul ini Sukses Bawa DIY Lolos PON 2024
Radityo Wirananto membela DIY di ajang BK PON Basket 3x3 di Plaza Ambarukmo 21-24 September 2023 (Foto: Istimewa)

KBRN, Bantul : Atlet basket DIY, Radityo Wirananto bersama rekan satu timnya sukses membawa daerah istimewa ini lolos ke PON Aceh dan Sumatera Utara tahun 2024. Di babak grup, Tim DIY berada di Pool C bersama Bengkulu, Kepulauan Riau, Kalimantan Tengah, Maluku dan Jawa Tengah. 

Radityo dan rekan-rekannya yakni Muhammad Diva Pramudya, Arthur Vadel Krisma Putra, dan Sad Surya Angga sukses merah empat kemenangan dan satu kali kalah.

“Kunci keberhasilan kita lolos PON adalah arahan serta taktik yang diberikan coach,” kata Radit, Senin (25/9/2023).

Selain itu tim ini, menurutnya, telah melakukan persiapan sejak lama. Keuntungan bermain sebagai tuan rumah menurutnya membawa semangat tersediri bagi ia dan rekan-rekannya.

“Saya dan tim sendiri sudah persiapan dari lama dan sudah yakin akan lolos PON ditambah bermain di daerah sendiri, itu juga jadi suntikan tambahan untuk saya dan teman-teman. Saya sendiri ikut bangga bisa bikin sejarah pertama kali kita bisa lolos, besok saat PON kita bakal fokus, bakal gila-gilaan lagi,” ujarnya.

Atlet asal Bantul ini mengaku sempat terkendala karena tengah menempuh pendidikan di luar kota. Namun, tim basket yang berlaga di nomor 3x3 ini berhasil mengatur waktu berlatih setiap minggunya. Kedepan ia berharap bisa membawa DIY tampil lebih baik di PON tahun depan. 

“Kita juga bakal persiapan lebih lagi, kita pengen juga buktiin bahwa kita juga bisa berkompetisi dengan tim-tim besar ya, kita tuh pengen benar-benar DIY tidak dipandang sebelah mata lah,” kata Radit. (dev)