Nasional

Pemerintah Perlu Lakukan Mitigasi Pangan Mulai Level Desa

Oleh: Dedi Hidayat Editor: witokaryono 20 Nov 2023 - 10:06 Pusat Pemberitaan
Pemerintah Perlu Lakukan Mitigasi Pangan Mulai Level Desa
Ilustrasi Yayasan Baitul Maal PLN dan Yayasan Tepian Peduli Tepian Negeri menggelar panen raya dan pemberdayaan petani di Desa Cipondoh, Kecamatan Tirtamulya, Karawang pada Selasa (14/3/2023). Pemerintah Indonesia disarankan, melakukan mitigasi mulai dari level kecil atau desa terkait pangan.(Foto: Pemkab Karawang)

KBRN, Jakarta: Pemerintah Indonesia diminta, melakukan mitigasi mulai dari level kecil atau bawah terkait pangan. Semua itu, demi mewujudkan kedaulatan kebutuhan pangan terpenuhi hingga di desa.

"Tantangannya kedaulatan pangan di daerah, ini tentang perubahan iklim, el-nino. Upaya mitigasi dan adaptasi bisa dimulai dari desa," kata Koordinator Koalisi Rakyat Kedaulatan Pangan (KRKP) Ayip Said Abdullah saat berbincang dengan PRO3 RRI, Senin (20/11/2023).

Ayip menjelaskan, pemerintah dapat mendampingi desa untuk belajar membuat neraca pangan. Pemetaan komoditas di suatu desa, harus dibuatkan secara rinci melalui neraca pangan.

"Desa bisa membuat mengukur neraca pangan mereka, berapa orang yang makan, berapa yang dipenuhi dari luar. Basis data neraca, desa itu misal komoditas pangan A surplus, surplus itu harus berjalan," ucap Ayip.

Jika suatu desa terjadi minus pangan, kata Ayip, pemerintah wajib membantu desa tersebut. Pemerintah dapat membantu desa, dalam membuat kebijakan dalam mewujudkan ketahanan pangan.

"Kalau minus kolaborasi dengan desa sebelah atau kabupaten sebelah. Kalau terpetakan antar kecamatan, kabupaten, kerangka pangan akan utuh, itu perlu dikuatkan," ujar Ayip.