Nasional

Menko Perekonomian Sebut Sektor Konstruksi Topang Pertumbuhan Ekonomi

Oleh: Nurana Diah Dayanti Editor: Cecep 02 Nov 2023 - 19:15 Pusat Pemberitaan
Menko Perekonomian Sebut Sektor Konstruksi Topang Pertumbuhan Ekonomi
Sekjen PUPR Zaenal Fatah (paling kiri) didampimngi Menko Hartarto (paling kanan), dan Dirjen Bina Konstruksi Rahman Arif berbicara saat meninjau both pameran Hari Konstruksi di Jiexpo Kemayoran, Jakarta Kamis (2/11/2023) (Foto: RRI/Diah Dayanti)

KBRN, Jakarta: Menteri Koordinator Perekonomian Airlangga Hararto menyatakan, sektor konstruksi menopang pertumbuhan perekonomian di segala bidang. Hal itu disampaikan saat berpidato pada acara Hari Konstruksi digelar Kementerian PUPR, di Jakarta, Rabu (1/11/2023).

"Infrastruktur yang masif dan merata menjadi modal Indonesia memberikan multiplier effect, terhadap pertumbuhan ekonomi dan lapangan pekerjaan. Inovasi dan transformasi konstruksi menjadi penting agar konstruksi tradisional dapat mengikuti proses yang lebih modern berbasis digital," katanya.

Dirjen Bina Konstruksi Kementerian PUPR Rachman Arief Dienaputra mengatakan, Konstruksi Indonesia 2023 merupakan bentuk ajang perayaan dan penghargaan. Penghargaan bagi masyarakat jasa konstruksi atas kontribusi yang aktif dan positif terhadap pembangunan infrastruktur nasional.

"Konstruksi Indonesia 2023 diharapkan dapat menjadi pengingat bersama. Bahwa pembangunan infrastruktur harus memperhatikan keseimbangan antara pertumbuhan ekonomi," kata Rachman.

Rangkaian kegiatan Konstruksi Indonesia 2023 telah dilaksanakan sejak Mei 2023 hingga puncak acara pada 1-3 November 2023. Acara ini menghadirkan berbagai exhibitor konstruksi dengan narasumber ahli, akademisi, dan praktisi yang membawa lebih dari 20 tema.