Nasional

Presiden Ingatkan Tantangan Perubahan Iklim hingga Krisis Pangan

Oleh: Dedi Hidayat Editor: Allan 01 Oct 2023 - 12:13 Pusat Pemberitaan
Presiden Ingatkan Tantangan Perubahan Iklim hingga Krisis Pangan
Presiden Joko Widodo (Jokowi) dan Wapres Ma'ruf Amin berdoa di depan sumur Lubang Buaya, Jakarta Timur, Minggu (1/10/2023). (Foto: Biro Pers Sekretariat Presiden)

KBRN, Jakarta: Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengingatkan, seluruh negara di dunia sedang menghadapi tantangan berat. Mulai dari tantangan perubahan iklim, krisis pangan, hingga disrupsi teknologi.

"Tak terkira dari berbagai aspek kehidupan Global. Ada tantangan krisis energi, resesi ekonomi, dan tak sedikit pula negara yang masih terseok-seok memulihkan diri dampak pandemi," kata Presiden Jokowi dalam memperingati Hari Kesaktian Pancasila dikutip RRI.co.id dari akun Twitter resminya @Jokowi, Minggu (1/10/2023).

Presiden Jokowi mengatakan, Indonesia terus berjuang menghadapi tantangan dan situasi tersebut. Oleh sebab itu, perlunya gotong-royong seluruh pihak agar Indonesia melewati tantang global itu.

"Berat sama dipikul, ringan sama dijinjing, Seberat apapun tantangan dan rintangannya. Dengan ideologi Pancasila sebagai pondasi, kita bergandeng tangan dan tetap bersatu menuju Indonesia maju," ucap Presiden Jokowi.

Diketahui, Presiden Jokowi memimpin langsung upacara Hari Kesaktian Pancasila di Monumen Pancasila Sakti, Lubang Buaya, Jaktim, Minggu (1/10/2023). Selesai pelaksanaan upacara, Jokowi meninjau serta berdoa di Sumur Lubang Buaya.

Turut hadir dalam peninjauan Wakil Presiden Ma'ruf Amin. Selain itu, para Menteri Kabinet Indonesia Maju mengikuti Jokowi untuk meninjau Sumur Lubang Buaya.