Nasional

Harhubnas, ASN yang Berjasa di Bidang Transportasi Terima Penghargaan

Oleh: Indra Widyastuti Editor: Joko Saputra 19 Sep 2023 - 21:24 Medan
Harhubnas, ASN yang Berjasa di Bidang Transportasi Terima Penghargaan
PJ Gubernur Sumut Hassanudin pada Peringatan Hari Perhubungan Nasional tahun 2023 di Lapangan Astaka Medan, Kabupaten Deliserdang, Selasa (19/8/2023). Foto: ist

KBRN, Deliserdang: Penjabat (Pj) Gubernur Sumatera Utara (Sumut) Hassanudin menyerahkan sertifikat penghargaan kepada para Aparatur Sipil Negara (ASN) yang dinilai berjasa dalam bidang transportasi.

Penghargaan diserahkan dalam Upacara peringatan Harhubnas yang dipusatkan di Lapangan Astaka, Jalan Williem Iskandar/Jalan Pancing,  Deliserdang, Selasa (19/9), berlangsung khidmat.

ASN yang mendapat penghargaan tersebut dinilai berjasa atas pengabdian, peran serta dan partisipasinya dalam mendorong terciptanya keselamatan dan keamanan bidang transportasi. 

Para ASN yang mendapat penghargaan tersebut di antaranya Tinggoman Siregar dari Dishub Sumut, Peihong Sinaga dari PT KAI Divre I Sumut, Chichi Nurhafizah dari Balai BMKG Wilayah I, Budi Maria Anastasia Purba dari Kesyahbandaran Otoritas Pelabuhan (KSOP) Belawan, Sunardi yang merupakan Kepala Distrik Navigasi Tipe A Kelas I Belawan, Rahiman Perum Damri dan Wiwin Saputra Buta-Butar dari BPTD Kelas II Sumut.

Sebelumnya, dalam upacara, Hassanudin membacakan sambutan Menteri Perhubungan RI Budi Karya Sumadi. Dikatakannya, tema besar Harhubnas tahun ini adalah “Melaju Untuk Transportasi Maju”. Tema ini dimaksudkan untuk menunjukkan bagaimana para insan transportasi mampu terus bergerak secara konsisten dalam kerja nyata, melakukan transformasi dan inovasi sektor transportasi, serta secara kolektif dan menggelorakan semangat untuk melaju bersama demi mewujudkan transportasi maju di Indonesia.

“Inovasi dan pembangunan infrastruktur transportasi dalam wujud modernisasi tersebut, tidak hanya kian mendorong Indonesia menjadi negara maju, juga berimplikasi kuat bagi pembangunan yang berkelanjutan, ramah lingkungan, keselamatan dan pelayanan transportasi yang meningkat,” ujarnya.

Selanjutnya, kepada seluruh jajaran Kementerian Perhubungan selaku regulator sektor transportasi diimbau agar dapat bekerja sama, berkolaborasi dan bersinergi secara optimal dengan para operator, stakeholders dan mitra kerja, serta pemerintah daerah. Diharapkan kerja sama tersebut dapat mendorong pemanfaatan secara optimal infrastruktur transportasi yang telah dibangun, dan pemberian pelayanan terbaik kepada masyarakat. Sebab, transportasi yang andal, efisien, dan berdaya saing memiliki dampak positif pada mobilitas masyarakat, serta pertumbuhan ekonomi suatu negara.