Nasional

​Legislator Sebut Bencana Kekeringan Tantangan Berat Indonesia

Oleh: Dedi Hidayat Editor: Allan 14 Sep 2023 - 09:28 Pusat Pemberitaan
​Legislator Sebut Bencana Kekeringan Tantangan Berat Indonesia
Seorang petani menggarap lahan sawah padi yang sedang mengalami kekeringan air. (Foto: KLHK)

KBRN, Jakarta: Ketua DPR RI Puan Maharani mengatakan, bencana kekeringan ekstrem El Nino merupakan tantangan berat untuk ketahanan pangan Indonesia. Bencana kekeringan tersebut juga, menjadi gambaran nyata akan kerentanan Indonesia terhadap perubahan iklim.

"Perubahan pola curah hujan dan degradasi sumber air. Pemerintah betul-betul menjalani program pendukung dalam mengatasi perubahan iklim," kata Puan dalam keterangan persnya, Kamis (14/9/2023).

Dengan upaya yang tepat, Puan menegaskan, Indonesia dapat melindungi air bersih sebagai aset berharga. Sekaligus, memastikan setiap warga negara memiliki akses yang memadai terhadap air bersih.

"Karena mendapatkan air bersih, merupakan hak dasar setiap manusia. Potret kekeringan yang melanda sejumlah daerah di Indonesia harus ditangani dengan peningkatan infrastruktur," ucap Puan.

Ke depannya, Puan mendorong, pemerintah melakukan perubahan besar dalam mengelola sumber daya air dan mengamankan akses air bersih. Mengingat, masih banyak daerah-daerah yang mengandalkan sumur tradisional sebagai sarana utama dalam mendapatkan air bersih. 

“Alih-alih mengandalkan sumur- sumur tradisional yang tidak lagi mencukupi. Pemerintah pusat dan daerah berkolaborasi untuk melakukan perubahan besar dalam mengelola sumber daya air," ujar Puan.

"Hal ini termasuk mengidentifikasi daerah-daerah yang rentan terhadap kekeringan, meningkatkan infrastruktur penampungan air. Dan menyusun rencana pengelolaan sumber daya air yang berkelanjutan," sambungnya.