Nasional

Pemerhati Nilai Mitigasi Penting Hadapi Penomena El Nino

Oleh: Dedi Hidayat Editor: Allan 07 Sep 2023 - 08:56 Pusat Pemberitaan
Pemerhati Nilai Mitigasi Penting Hadapi Penomena El Nino
PRO3 RRI saat berbincang dengan Kepala Pusat Studi Lingkungan Hidup UGM Mohammad Pramono Hadi tentang antisipasi karhutla di musim El Nino. (Foto: RRINet)

KBRN, Jakarta: Dalam mengantisipasi dan mencegah karhutla di musim kemarau ekstrem El Nino ini, yakni dengan cara mencari sumber-sumber air. Pernyataan tegas tersebut, diucapkan oleh Pemerhati sekaligus Kepala Pusat Studi Lingkungan Hidup UGM Mohammad Pramono Hadi.

"Kalau bicara kebakaran hutan, permasalahannya adalah bagaimana mendapatkan air sementara. Artinya apa jadi sumber air dari hujan itu prediktif sangat probablistik meskipun peluangnya kaitannya bergantung dengan karakteristik iklim," kata Hadi saat berbincang dengan PRO3 RRI, Kamis (7/9/2023).

Hadi menilai, seharusnya pemerintah sudah mengetahui dan memetakan titik-titik wilayah yang rawan terjadi karhutla. Oleh sebab itu, pentingnya menyiapkan mitigasi sedini mungkin dalam fenomena El Nino ini.

"Hal itu kita sudah tahu daerah mana yang memang berpotensi mudah kebakaran, maka harus ditambahkan mitigasi. Bukan hanya dari sumber hujan, melainkan harus ada penanggulangan atau cara lain yang bisa digunakan untuk mitigasi kebakaran," ucap Hadi.

Kemudian, Hadi menuturkan, stakeholder terkait selama ini dalam penanganannya hanya mengandalkan kekuatan alam saja. Belum terlihat upaya upaya strategi yang dilakukan pemerintah, selain mengandalkan hujan.

"Seperti dalam konteks penyediaan sumber air itu belum ada. tetapi dalam konteks siap siaga sudah ada namun jika tidak ada penyedian airnya itu sama saja bohong," ujar Hadi.