Nasional

Panglima TNI Sebut Tugas Prajurit TNI Semakin Kompleks

Oleh: Aditya Prabowo Editor: Bara 09 Aug 2023 - 13:07 Pusat Pemberitaan
Panglima TNI Sebut Tugas Prajurit TNI Semakin Kompleks
Panglima TNI Laksamana Yudo Margono (Foto : Puspen TNI)

KBRN, Jakarta: TNI merupakan garda terdepan sekaligus benteng terakhir kedaulatan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI). Oleh karena itu, tugas dari Prajurit TNI semakin kompleks.  

“Kalian telah mengucapkan sumpah perwira hal itu mengandung konsekuensi bahwa kalian harus selalu siap untuk menunaikan kewajiban seorang perwira. Selain itu, kalian harus menegakkan harkat dan martabat perwira menjunjung tinggi sumpah prajurit Sapta Marga,” kata Panglima TNI Laksamana Yudo Margono saat melantik 383 prajurit TNI prasetya perwira (praspa) di Stadion Olahraga Mabes TNI, Cilangkap, Jakarta Timur, Rabu (9/8/2023).

Lebih lanjut, Yudo mengatakan para perwira TNI juga harus menyoroti ancaman siber hingga kecerdasan buatan. Berbagai ancaman tersebut perlu diantisipasi mengingat kemajuan teknologi yang begitu cepat.

“Tugas kalian di masa mendatang semakin komplek dengan situasi kondisi politik global yang tidak menentu. Namun, terus berkembang menjadi ancaman adat yang multidimensi seperti ancaman siber, ancaman kecerdasan buatan, dan ancaman lainnya yang bisa merongrong kedaulatan Negara Kesatuan Republik Indonesia,” ujar Yudo. 

Dimana, para Perwira muda yang dilantik oleh Yudo terdiri dari Prajurit Sukarela Dinas Pendek (PSDP) penerbang tahun pendidikan 2020 dan perwira prajurit karier TNI 2023. Kini para perwira tersebut menyandang pangkat Letnan Dua (Letda) mengucapkan sumpah yang dipimpin Panglima TNI. 

“Kepada orang tua dan keluarga, saya mengucapkan selamat atas dilantiknya putra putrinya menjadi Perwira TNI. Demikian juga atas kerelaan, keikhlasan, dan doa restu Bapak Ibu sekalian kepada putra putrinya untuk mengawali pengabdian sebagai prajurit TNI kepada negara dan bangsa,” ujar Yudo.