Nasional

Pertamina Pastikan Stok Elpiji Tiga Kilogram Aman

Oleh: Mandra Editor: Rini Hairani 02 Aug 2023 - 00:10 Pusat Pemberitaan
Pertamina Pastikan Stok Elpiji Tiga Kilogram Aman
Pengecekan Tabung Gas Elpiji 3 Kilogram. (Foto: Antara)

KBRN, Jakarta: PT Pertamina (Persero) memastikan pasokan elpiji tiga kilogram (kg) aman setelah melakukan inspeksi mendadak (sidak) dan pemantauan di 255 titik. Hal itu disampaikan Wakil Kepala Bidang Komunikasi Pertamina Fadjar Djoko Santoso. 

Menurutnya, Pertamina secara proaktif memantau dan melakukan langkah-langkah positif. Seperti sidak dan operasi pasar dalam rangka memastikan pasokan elpiji 3 kg aman dan penyaluran kepada masyarakat yang membutuhkan bisa tepat sasaran.

"Kami terus melakukan pemantauan lapangan secara serentak di seluruh wilayah kerja dan setelah itu langsung melakukan operasi pasar bagi daerah yang memerlukan. Dampaknya baik, di banyak daerah pasokan aman," kata Fadjar, Selasa (1/8/2023). 

Sidak dan pemantauan dilakukan hingga tingkat pangkalan di seluruh wilayah di Indonesia, mulai dari Sumatra bagian utara (lima titik). Lalu Sumatra bagian selatan (tujuh titik), Jawa bagian barat (83 titik), Jawa bagian tengah (78 titik), Jawa Timur dan Bali (16 titik), Kalimantan (59 titik), dan Sulawesi (tujuh titik).

Menurut Fadjar, hasil dari sidak dan operasi pasar yang telah dilakukan menunjukkan dampak positif. Pasokan elpiji 3 kg di beberapa daerah dalam kondisi aman dan terkendali, tanpa adanya kekurangan suplai dan tidak terjadi antrean.

Pertamina juga terus menyosialisasikan dan mengedukasi masyarakat agar elpiji bersubsidi hanya digunakan bagi masyarakat. Sesuai sasaran yang ditetapkan pemerintah, yakni kelompok kurang mampu serta usaha kecil dan mikro.

"Bagi masyarakat mampu yang masih menggunakan elpiji 3 kg agar beralih ke elpiji non-subsidi. Agar saudara-saudara kita yang membutuhkan tetap dapat menggunakan haknya," ucapnya.