Nasional

Bertemu Presiden, Ketua DPD Harapkan Sistem Bernegara Dikembalikan

Oleh: Ninding Julius Editor: Bunaiya 11 Jul 2023 - 17:52 Pusat Pemberitaan
Bertemu Presiden, Ketua DPD Harapkan Sistem Bernegara Dikembalikan
AA LaNyalla Mahmud Mattalitti (Foto: Dok/Antara).

KBRN. Jakarta: Ketua DPD RI AA LaNyalla Mahmud Mattalitti mengungkapkan, topik pembahasan saat bertemu Presiden Joko Widodo. Pertemuan berlangsung, Senin (10/7/2023) pagi, di Istana Merdeka Jakarta.

Dalam kesempatan itu, LaNyalla mengharapkan, pentingnya bangsa ini kembali kepada sistem bernegara  dirumuskan para pendiri bangsa. Seperti tertuang dalam UUD 1945, 18 Agustus 1945. 

"Di mana sistem tersebut belum pernah diterapkan secara tepat, baik di Era Orde Lama maupun Orde Baru. Saya sampaikan kepada Presiden, untuk memperkuat posisi Indonesia  menghadapi situasi global, sekaligus memastikan kedaulatan rakyat tersalur secara utuh," kata LaNyala dalam keterangan pers tertulis, Selasa (11/7/2023).

Menurut LaNyalla, untuk memastikan kedaulatan rakyat terukur adalah mengembalikan MPR sebagai lembaga tertinggi penjelmaan seluruh elemen rakyat. Dihuni, lanjutnya, anggota DPR, utusan daerah, dan utusan golongan untuk menyusun haluan negara dan memilih mandataris MPR. 

"Ditambah dengan adendum, anggota DPR sebagai pembentuk undang-undang, dihuni anggota peserta pemilu dari unsur partai politik dan unsur perseorangan. Atau non partai. Seperti tren yang terjadi di beberapa negara di dunia saat ini." kata LaNyalla.

Dikatakan. dengan kembali ke sistem asli, maka perekonomian Indonesia juga harus kembali kepada semangat untuk mewujudkan kesejahteraan. Karena, sambungnya, negara akan kembali berdaulat atas bumi air dan kekayaan di dalamnya.

"Dan cabang produksi penting dikuasai negara. Ini sesuai naskah asli Pasal 33 UUD 1945 dan penjelasannya,” ujarnya.