Nasional

Pemerintah Antisipasi Generasi Miliki Beban Berat pada 2045

Oleh: Mandra Editor: Rini Hairani 07 Jul 2023 - 02:50 Pusat Pemberitaan
Pemerintah Antisipasi Generasi Miliki Beban Berat pada 2045
Murid Sekolah Menengah Pertama Sedang Abadikan Momen. (Foto: Antara)

KBRN, Jakarta: Pemerintah berupaya mengantisipasi munculnya 'Generasi Sandwich' pada 2045 dengan meningkatkan kualitas pendidikan vokasi. Hal itu disampaikan Direktur Jenderal Pendidikan Vokasi Kementerian Pendidikan Pendidikan Kebudayaan Riset dan Teknologi (Kemendikbudristek) Kiki Yuliati. 

"Generasi Sandwich ini adalah generasi yang memiliki beban berat. Beban merawat orang tua dan beban terhadap anak dan istri. Solusinya adalah dengan memperkuat kemampuan agar lebih mapan secara ekonomi saat prediksi itu terjadi," kata Kiki Yulianti, Kamis (6/7/2023). 

Ia mengatakan generasi yang berpotensi menjadi Generasi Sandwich itu adalah siswa SMA/SMK dan mahasiswa yang berusia 16 hingga 20 tahun. Di mana yang 22 tahun lagi pada 2045 berusia rentang 40-an.

"Saat ini diprediksi 44 persen generasi sudah menanggung beban berat itu. Pada 2045 hingga 2050 diperkirakan lebih dari 50 persen generasi muda saat ini akan menanggung beban yang sama," ujarnya. 

Salah satu upaya yang dilakukan pemerintah saat ini adalah dengan memperkuat pendidikan vokasi. Mulai dari SMK agar bisa memiliki kemampuan dan keahlian yang memadai. 

"Sehingga pada usia 40-an telah memiliki pendapatan yang stabil. Serta bisa menanggung beban," ucapnya.