Kriminalitas

Tekan Peredaran, Penjual Rokok Ilegal Akan Dikenai Denda

Oleh: Marnisa Nurdian Saritri Editor: sigit budi riyanto 29 May 2023 - 16:47 Semarang
Tekan Peredaran, Penjual Rokok Ilegal Akan Dikenai Denda
Sosialisasi gempur rokok ilegal di Kantor Kecamatan Ungaran Barat, Lerep, Senin (29/5/2023)

KBRN, Semarang: Demi menekan peredaran rokok ilegal, sanksi bagi para pelaku akan semakin diperluas. Hal ini disampaikan Kasi penyuluhan dan layanan informasi Kantor Pengawasan dan Pelayanan Bea dan Cukai Tipe Madya Pabean A Semarang, Nur Haeni Hidayah saat sosialisasi gempur rokok ilegal di Kantor Kecamatan Ungaran Barat, Senin (29/5/2023).

Sosialisasi gempur rokok ilegal tersebut diikuti anggota Satlinmas Kecamatan Ungaran Barat, sejumlah tokoh masyarakat, pedagang dan lainnya.

Nur Haeni menegaskan, para pengecer atau penjual rokok ilegal akan dikenai sanksi denda. Besaran denda ditetapkan sebanyak tiga kali nilai cukai yang harus dibayarkan.

"Sanksi ini dilaksanakan pada tahun 2023. Tujuannya untuk memberikan efek jera bagi penjual atau pengecer,' tegasnya.

Ia mengakui, pihaknya mengalami kesulitan untuk memantau peredaran rokok ilegal tanpa cukai atau palsu mulai dari hulu hingga hilir. Oleh karena itu, sanksi denda bagi pengecer ini diharapkan dapat menekan mata rantai peredaran rokok ilegal.

Kepala Satpol PP Kabupaten Semarang, Anang Sukoco menjelaskan, pihaknya melibatkan anggota Satlinmas untuk mengumpulkan informasi peredaran rokok ilegal. Menurutnya, Satpol-PP telah mengirimkan banyak informasi ke sistem informasi rokok ilegal (Siroleg).

"Langkah ini cukup efektif untuk mendapatkan data peredaran rokok ilegal," ujarnya.