Kriminalitas

Geger, Warga Warung Kaleng Kabupaten Bogor Temukan Bayi Terkubur

Oleh: Yofri Haryadi Editor: 04 May 2023 - 19:35 Bogor
Geger, Warga Warung Kaleng Kabupaten Bogor Temukan Bayi Terkubur
Jenazah bayi baru lahir di kubur orang tak di kenal di Tugu Selatan Cisarua Bogor

KBRN,Bogor : Warga Kampung Warung Kaleng RT 2 RW 4 Desa Tugu Selatan, Kecamatan Cisarua, Kabupaten Bogor di kejutkan dengan temuan bayi yang baru lahir di kubur di dekat tempat sampah di tengah lingkungan warga.

Peristiwa terjadi pada Rabu (3/5/2023) malam di tengah hujan deras di kawasan tersebut.

"Itu tadi malam kejadiannya sekitar pukul 21.30 WIB, pada saat hujan lagi besar di wilayah Tugu Selatan," ujar Kepala Desa Tugu Selatan Eko Widyanto Kamis (4/5/2023).

Menurutnya  kejadian tersebut diketahui oleh seorang anak yang melihat dua orang laki laki dan seorang perempuan sedang berusaha menggali tanah.

"Informasinya ada tiga orang dicurigai dua laki-laki satu perempuan, ada anak yang lewat liat,  satu  laki-laki bawa pacul ngegali," imbuhnya.

Saat bersamaan pula anak  yang mengetahui adanya aktivitas orang yang mencurigakan, kemudian melaporkan kepada warga setempat.

"Nah karena curiga anak tersebut kan tidak kenal ya sama ketiga orang ini, ketika sudah berangkat akhirnya dicek sama warga sama santri lah," katanya.

Setelah dibongkar galian itu, diketahui bahwa yang dikubur tersebut merupakan seorang bayi yang baru lahir dan berjenis kelamin laki-laki.

"Pas dibongkar bener ternyata yang mereka kubur itu bayi baru lahir. Pas kita buka sudah meninggal karena sudah dikubur," tandasnya.

Tak lama setelah kejadian pihak desa Tugu Selatan langsung berkoordinasi dengan aparat setempat guna dilakukannya penyidikan.

"Kita udah koordinasi dengan Babinsa dan bhabinkamtibmas Polsek yang bawa ke rumah sakit Cibeureum, juga kita dengan bhabinkamtibmas terus kita juga sudah koordinasi dengan Reskrim dengan Polsek," paparnya.

Usai berkoordinasi pihaknya langsung membawa bayi yang malang tersebut ke RSUD Ciawi. Namun di rumah sakit tidak ada tempat yang kosong. Akhirnya dari hasil musyawarah, warga kemudian menguburkan kembali bayi tersebut ke tempat pemakaman yang lebih layak.

"Sudah dibawa ke Ciawi (RSUD Ciawi) cuman karena Ciawi gak ada alat gak ada tempat. Berdasarkan saran dan musyawarah karena kasian ya kita kuburkan saja di desa kami Tugu Selatan," ungkapnya.

Sementara itu hingga saat ini belum diketahui identitas ketiga orang yang menguburkan bayi tersebut. Sampai saat ini pun pihak pemerintah desa belum berani berspekulasi tentang identitas para pelaku tersebut.

"Sampai hari ini belum terdeteksi yang 3 orang itu, belum bisa memastikan orang mana-mananya," pungkasnya.

Sementara itu  Kapolsek Cisarua, Kompol Supriyanto, mengatakan pihaknya masih melakukan penyelidikan terkait tiga orang yang melakukan penguburan bayi tersebut.

"Kita saat ini masih mencari tahu siapa ketiga pelaku itu. Saat ini sedang berkoordinasi dengan RT/RW setempat dan mencari tahu apakah ada cctv yang merekam soal kejadian tersebut," tutup kapolsek Cisarua.