Kesehatan

Pelaksanaan Program TBC Jateng Terbaik Pertama

Oleh: Tika Vilysta Editor: sigit budi riyanto 10 Nov 2023 - 21:28 Semarang
Pelaksanaan Program TBC Jateng Terbaik Pertama
Pemprov Jateng Terima penghargaan terbaik pelaksanaan program TBC pada ajang Program Tuberkulosis 2023 di Surabaya 7-10 November.

KBRN, Semarang : Program penemuan kasus baru Tuberkulosis (TBC) di Jawa Tengah dengan melibatkan fasilitas kesehatan swasta berbuah manis. Kini Pemprov Jateng dinobatkan sebagai pelaksana program TBC terbaik pertama.

Pengelola Program TBC Dinkes Jateng Sugeng Rianto mengatakan, penghargaan itu diberikan pada ajang Program Tuberkulosis 2023 di Surabaya 7-10 November. Ia menyebut, kini Jateng fokus dalam menemukan penderita TBC baru dan mengobatinya. 

"Kemenkes menargetkan kasus temuan TBC baru di Jateng 73.856 kasus. Saat ini kita sudah menemukan 69.823 kasus atau sekitar 95 persen padahal waktunya dua bulan ke depan, insyallah bisa tercapai," ujarnya melalui sambungan telepon, Jumat (10/11/2023). 

Tak hanya melibatkan faskes swasta, Pemprov Jateng juga menggandeng komunitas dan penyintas TBC untuk memberikan edukasi kepada masyarakat. Ini ditempuh, karena seringkali penderita emoh meminum obat saat pengobatan baru memasuki tempo dua bulan. 

"Namun pengobatan harus tetap dilanjutkan selama 6 bulan," jelasnya.