Kesehatan

Gerakan Cegah Stunting Di Tingkat Kecamatan Gunungsitoli Alo'oa

Oleh: Ida Rahmi Telaumbanua Editor: Bobi Rahman 07 Nov 2023 - 13:21 Gunung Sitoli
Gerakan Cegah Stunting Di Tingkat Kecamatan Gunungsitoli Alo'oa
Foto bersama para peserta rapat lintas sektor di kecamatan Gunungsitoli Alo'oa

KBRN, Gunungsitoli: Salah satu program UPTD Puskesmas Kecamatan Gunungsitoli Alo'oa, adalah penurunan stunting. Salah satu kegiatannya yakni gerakan cegah stunting bersama di tingkat kecamatan. “Tujuan kegiatan ini untuk menggalang komitmen penurunan stunting bersama lintas sektor di kecamatan Gunungsitoli Alo'oa,” ujar Kepala UPTD Puskesmas Alooa Ertitawati Siregar M. Tr Keb, Selasa (07/11/2023).

Peserta pada kegiatan ini dihadiri oleh Kepala Dinas Kesehatan kota Gunungsitoli diwakili Kepala Bidang Kesehatan Masyarakat Elvivian Zebua, SST sekaligus sebagai narasumber kegiatan. Turut hadir Camat Gunungsitoli Alo'oa diwakili Sekretaris Kecamatan, unsur Forkompinca Kepala Polsek Alo'oa dan Danposramil, Kepala UPTD Puskesmas dan Tim, koordinator PLKB dan Penyuluh Lapangan pertanian, seluruh kepala sekolah SMK, SMP, seluruh Kepala Desa dan Ketua BPD, seluruh Ketua PKK dan Ketua Kader, serta perwakilan siswi SMP dan SMK, perwakilan ibu hamil sehat dan balita sehat serta balita stunting.

Kegiatan tersebut berjalan dengan baik dan memperoleh rumusan kesepakatan antara lain,

1. Pemerintah Desa akan mengajukan anggaran untuk kegiatan penurunan Angka Stunting melalui Dana Desa serta memotivasi masyarakat dalam hal program Pemeriksaan Calon Pengantin CATIN, pemberian ASI Eksklusif bagi bayi sampai usia 6 bulan, serta pemeriksaan Ibu Hamil sesuai standart. 

2. Dinas P5A melalui Penyuluh KB tingkat kecamatan bersama sama melakukan kegiatan penuruanan angka stunting melalui dapur sehat Stunting DASYAT dan kegiatan orang tua asuh.

3. Pihak sekolah SMP dan SMK mendukung kegiatan pelayanan kesehatan guna pencegahan peningkatan angka kasus stunting dikemudian hari dengan mendukung kegiatan pemberian Tablet Tambah Darah TTD bagi siswa perempuan dan pelaksanaan Aksi Bergizi, Olahraga Teratur serta selalu menghimbau siswa untuk selalu sarapan pagi sebelum mengikuti kegiatan pembelajaran.

Selanjutnya, PKK dalam hal ini pokja melakukan kegiatan pengawasan kesehatan dan meningkatkan kegiatan dalam hal mendukung pelayanan kesehatan seperti kegiatan di posyandu. Dan bekerja sama dengan kader kesehatan dalam hal memberikan edukasi kepada masyarakat seperti program CATIN, pemberian ASI Eksklusif bagi bayi sampai usia 6 bulan dan pemeriksaan Ibu Hamil sesuai standart. Dan kepada Camat, Polsek, Danposramil, UPTD, Sekolah-Sekolah, Gereja-Gereja / Rumah Ibadah, Kepala Desa, tokoh masyarakat dan seluruh lapisan masyarakat di wilayah kecamatan Gunungsitoli Alo’oa diminta agar mendukung seluruh program penurunan angka stunting di Kecamatan Gunungsitoli Alo’oa.

“Atas nama UPTD Puskesmas Alooa tak lupa kami ucapkan terimakasih kepada seluruh komponan masyarakat atas komitmen bersama dalam upaya penurunan stunting di wilayah ini. Semoga kerjasama ini dapat mencapai target kita bersama dalam menurunkan presentase stunting secara umum untuk wilayah kota Gunungsitoli,” tutup Ertitawati Siregar.