Kesehatan

Tekan Stunting, Mabar Jalankan Program Bapak Bunda Asuh

Oleh: Ferry Soo Editor: Adi Adoe 19 Oct 2023 - 21:50 Ende
Tekan Stunting,  Mabar Jalankan Program Bapak Bunda Asuh
Tekan Angka Stunting, Pemkab Mabar Jalankan Program Bapak Bunda Asuh Anak Stunting

KBRN, Ende : Berdasarkan hasil operasi timbang yang dilakukan pada Agustus 2023, 1.901 anak di Manggarai Barat mengalami stunting. Dinas Kesehatan Kabupaten Manggarai Barat mencatat, angka stunting di Manggarai Barat fluktuatif dalam tiga tahun terakhir. Pada bulan Agustus 2021 3.498 anak mengalami stunting atau 15,1 persen,  tahun 2022 naik menjadi 3.711 anak stunting atau 15,9 persen dan pada bulan Agustus 2023 turun menjadi 1.901 balita atau 8,2 persen.

Kepala Dinas Kesehatan Manggarai Barat Paulus Mami mengatakan penrunan ini berkat dukungan dari berbagai pihak. Berbagai upaya akan terus dilakukan untuk menurunkan stunting di Manggarai Barat mulai dari intervensi gizi spesifik, pemberian ASI ekslusif, imunisasi dasar lengkap terhadap balita hingga pemberian tablet tambah darah bagi ibu hamil.

“Penurunan ini berkat kerja keras semua pihak,”kata Paulus.

Dalam upaya menekan angka stunting, Pemerintah Kabupaten Manggarai Barat juga akan menjalankan Program Bapak/Bunda asuh Anak Stunting (BAAS). Program ini sedang dalam tahap sosialisasi dan akan segera dilaporkan ke bupati untuk ditandatangani. Pelaksanaan program ini akan melibatkan berbagai pihak mulai dari BUMN, hotel, BUMD, perbankan, TNI-Polri, pelaku pariwisata, tokoh agama dan tokoh masyarakat sebagai bapak atau bunda asuh bagi anak stunting usia 6 sampai 23 bulan