Kesehatan

Dewas Supervisi RS Bhayangkara Ambon Ambon, Pastikan Kualitas Layanan

Oleh: Rauda Autana Editor: Philip Sekewael 15 Oct 2023 - 07:18 Ambon
Dewas Supervisi RS Bhayangkara Ambon Ambon, Pastikan Kualitas Layanan
Mimi Bugis (40), salah satu Peserta Program JKN yang mendampingi anaknya di kamar rawat inap anak Rumah Sakit Bhayangkara Ambon turut diwawancarai oleh Ibu Dewan Pengawas BPJS Kesehatan

KBRN, Ambon: Guna memastikan implementasi Janji Layanan JKN berjalan sesuai dengan ketentuan yang berlaku, Anggota Dewan Pengawas (Dewas) BPJS Kesehatan, Iftida Yasar, turun langsung untuk melaksanakan kegiatan Supervisi Buktikan dan Lihat Langsung (SibLing) di Rumah Sakit Bhayangkara Ambon yang berada di Kota Ambon.

SiBling merupakan suatu aktivitas pemantauan atas pemenuhan kewajiban fasilitas kesehatan dalam dimensi mutu yang dilaksanakan melalui kegiatan kunjungan ke fasilitas kesehatan yang dilakukan oleh pegawai BPJS Kesehatan dan/atau pihak lain atau pihak eksternal yang juga adalah Peserta Program Jaminan Kesehatan Nasional (JKN).

“Janji Layanan JKN tersebut diantaranya memuat informasi bahwa fasilitas kesehatan tersebut menerima Nomor Induk Kependudukan (NIK) yang tercantum di KTP/KIS Digital sebagai syarat pendaftaran pelayanan, tidak meminta lagi dokumen fotokopi kepada peserta, memberikan pelayanan tanpa iur biaya dan tidak ada pembatasan hari rawat inap,” kata Iftida di Ambon, Sabtu (14/10/2023).

Terdapat lima area layanan yang dikunjungi oleh Dewan Pengawas BPJS Kesehatan pada Rumah Sakit Bhayangkara Ambon, yakni loket pendaftaran peserta JKN, poli rawat inap, poli penyakit dalam, apotek dan fasilitas penunjang medis seperti laboratorium.

Saat mengunjungi titik-titik layanan tersebut, Iftida juga melakukan wawancara kepada Peserta Program JKN dan memantau secara langsung prosedur alur layanan di Rumah Sakit Bhayangkara Ambon. Dari hasil kegiatan Sibling tersebut, secara umum pelayanan dan sarana prasarana  yang diberikan kepada pasien sudah sangat baik. 

Mimi Bugis (40), salah satu Peserta Program JKN yang mendampingi anaknya di kamar rawat inap anak Rumah Sakit Bhayangkara Ambon turut diwawancarai oleh Ibu Dewan Pengawas BPJS Kesehatan. 

Mimi yang merupakan Peserta JKN segmen Pekerja Bukan Penerima Upah (PBPU) kelas tiga ini menyampaikan bahwa Program JKN yang dikelola oleh BPJS Kesehatan ini sangat membantu masyarakat kecil seperti dirinya.

“Program JKN ini sangat membantu saya dan keluarga saya. Kami selalu rutin membayar iuran JKN setiap bulan supaya Kartu JKN selalu aktif. Jadi ketika saya atau anggota keluarga saya ada yang tiba-tiba mengalami sakit, bisa langsung tertangani. Tapi kalau menjadi pasien umum maka setidaknya kami perlu mengeluarkan uang tabungan untuk membayar biaya rumah sakit,” terang Mimi.

Sementara itu, Petugas Informasi Penanganan dan Pengaduan (PIPP) Rumah Sakit Bhayangkara Ambon, Victor Taihuttu, mengapresiasi kunjungan yang dilakukan pada hari ini.

Menurut Victor, berbagai masukan positif yang disampaikan oleh Dewan Pengawas BPJS Kesehatan sangat berharga untuk meningkatkan lagi kualitas layanan JKN di RS Bhayangkara Ambon.

“Saya mewakili Direktur RS Bhayangkara Ambon mengucapkan terima kasih atas kunjungan Ibu ke rumah sakit kami. Masukan-masukan yang diberikan terkait Layanan JKN ini akan kami evaluasi untuk selanjutnya melakukan perbaikan sehingga pelayanan kepada Peserta JKN semakin mudah dan cepat untuk mengakses layanan Kesehatan. Kami selalu berkomitmen untuk mendukung implementasi transformasi mutu layanan,” kata Victor.