Kesehatan

Cegah 'Adenovirus' pada Anak, Rajin Cuci Tangan

Oleh: Roki Eka Putra Editor: Isfal Andri 13 Oct 2023 - 18:05 Bengkulu
Cegah 'Adenovirus' pada Anak, Rajin Cuci Tangan
Cegah 'Adenovirus' pada Anak, Rajin Cuci Tangan

KBRN, Bengkulu : Dokter Spesialis Anak dr. Tjatur Kuat Sagoro, Sp.A menyampaikan tip untuk mencegah Adenovirus pada Anak. Ia menganjurkan para orang tua untuk sering mengajak anaknya mencuci tangan. 

Diketahui, adenovirus adalah kelompok virus yang menyebabkan infeksi pada saluran pernapasan, mata, paru-paru, dan saluran pencernaan. Penyakit ini dapat menyerang siapa saja, tetapi lebih sering menyerang bayi dan balita.

Tjatur juga meminta masyarakat agar tidak takut dan panik secara berlebihan karena penyakit ini ada sepanjang tahun. Bukan penyakit musiman, tetapi batuk pilek biasa.

"Kalau dicek mungkin itu adenovirus. Nggak perlu sampai, aduh biayanya mahal ini. Kita nggak usah cemas dan bikin panik," ujarnya. 

Adenovirus paling sering terjadi pada anak-anak di bawah lima tahun. Meski begitu, sebagian besar infeksi adenovirus bersifat ringan dan hanya memerlukan pengurangan gejala untuk pengobatan. 

"Selama anak kita masih aktif demamnya sudah turun. Seperti biasa saja, nggak perlu khawatir yang berlebihan," ucapnya. 

Hingga saat ini, para peneliti telah mengidentifikasi sekitar 50 jenis adenovirus yang dapat menginfeksi manusia. Namun, jenis yang paling umum adalah Adenovirus tipe 3, 4, dan 7 yang paling sering dikaitkan dengan penyakit pernapasan akut.

Sementara itu, Adenovirus tipe 7 telah dikaitkan dengan hasil yang lebih parah daripada jenis adenovirus lainnya. Terutama pada orang dengan sistem kekebalan yang lemah.

(rri.co.id)