Kesehatan

BPJS Kesehatan Lakukan Pelayanan Mudah, Cepat dan Setara

Oleh: Rauda Autana Editor: Philip Sekewael 04 Oct 2023 - 13:05 Ambon
BPJS Kesehatan Lakukan Pelayanan Mudah, Cepat dan Setara
Kepala Kantor BPJS Kesehatan Cabang Ambon saat memberikan sosialisasi terkait Transformasi mutu layanan

KBRN, Ambon: Kepala BPJS Kesehatan Cabang Ambon, Saiyed Abdul Gaffar Assaggaf menjelaskan, di tahun 2023, BPJS Kesehatan telah melakukan tranformasi mutu layanan dengan mengusung tekline Mudah, Cepat dan Setara (MCS). 

Pencanangan Transformasi Mutu Layanan dicanangkan Senin (2/10/2023), secara nasional di Jakarta. 

Dikatakan, Transformasi Mutu Layanan mencakup upaya simplifikasi administrasi pelayanan. Proses administratif yang lebih sederhana, seperti penggunaan KTP saat mengakses layanan kesehatan, tanpa perlu fotokopi berkas, alur layanan rujukan yang efisien, dan digitalisasi pelayanan dan pengklaiman. Selain itu, percepatan penyelesaian pengaduan peserta melalui BPJS Satu menjadi langkah proaktif dalam menjawab kebutuhan peserta JKN.

Menurutnya, Salah satu langkah nyata yang telah diambil BPJS Kesehatan adalah peningkatan akses layanan kesehatan bagi peserta JKN.

"Harapannya dengan MCS ini masyarakat dapat menikmati layanan dengan baik, sehingga tidak ada lagi yang bilang ada perbedaan antara peserta BPJS dan umum,"harapnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Kesehatan kota Ambon, dr. Wendy Pelupessy memberikan apresiasi dan mendukung tranformasi mutu layanan yang diluncurkan BPJS Kesehatan, seraya berharap ke depan pelayanan kesehatan di kota ini semakin ditingkatkan.

"Sangat baik, karena dengan mutu layanan, mudah mengakses layanan, cepat seng tunggu-tunggu dan kesetaraan tidak di diskriminasi jadi dengan ini semua terlayani dengan baik,"kata Kadinkes.

"Sebenarnya di tahun ini kita fokus bagaimana mutu layanan kepada peserta bisa dilakukan dengan baik,"kata Assaggaf. 

Dikatakan, Salah satu langkah nyata yang telah diambil BPJS Kesehatan adalah peningkatan akses layanan kesehatan bagi peserta JKN. 

"Harapannya dengan MCS ini masyarakat dapat menikmati layanan dengan baik, sehingga tidak ada lagi yang bilang ada perbedaan antara peserta BPJS dan umum,"harapnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Kesehatan kota Ambon, dr. Wendy Pelupessy memberikan apresiasi dan mendukung tranformasi mutu layanan yang diluncurkan BPJS Kesehatan, seraya berharap ke depan pelayanan kesehatan di kota ini semakin ditingkatkan. 

"Sangat baik, karena dengan mutu layanan, mudah mengakses layanan, cepat seng tunggu-tunggu dan kesetaraan tidak di diskriminasi jadi dengan ini semua terlayani dengan baik,"kata Kadinkes.