Kesehatan

BPJS Kesehatan Kediri Resmikan Loket POROS

Oleh: Ayu Citra Editor: Rini Rustriani Lesti Handayani 29 Sep 2023 - 14:30 Kediri
BPJS Kesehatan Kediri Resmikan Loket POROS
BPJS Kesehatan Kediri Resmikan Loket POROS. (Foto: BPJS Kesehatan Cabang Kediri/ RRI Kediri)

KBRN, Kediri: BPJS Kesehatan Cabang Kediri meresmiian Loket Pelayanan Informasi BPJS Kesehatan dan Portal Quick Response (POROS) dilaksanakan di RSUD Kilisuci Kota Kediri.

Pada Jumat, 29 September 2023, Direktur RSUD Kilisuci, dr. Tutik Mahanani UCD., MMRS, menyatakan, sangat mendukung adanya Loket Pelayanan Informasi BPJS Kesehatan dan Portal Quick Response (POROS). Nantinya akan ada satu orang petugas yang berada di loket untuk memberikan informasi dan penanganan pengaduan.

"Terkait dengan Transformasi Mutu Layanan, RSUD Kilisuci sangat mendukung kegiatan ini. Kami menyiapkan satu petugas di sini terkait pemberian informasi dan penanganan pengaduan," kata dr. Tutik Mahanani.

Sampai saat ini, ungkapnya, pelayanan dilakukan pada jam kerja, tetapi ada juga pelayanan melalui handphone pengaduan 24 jam. Selain itu pihaknya siap untuk memberikan layanan kepada masyarakat Kota Kediri dan sekitarnya.

"Ini penghargaan untuk kami ditunjuk sebagai tempat pelaksanaan peluncuran Loket Pelayanan Informasi BPJS Kesehatan dan Portal Quick Response (POROS) di Kota Kediri," kata dr. Tutik.

Kepala BPJS Cabang Kediri, Tutus Novita Dewi menyebutkan, sampai saat ini, ada 16 Fasilitas Kesehatan Rujukan Tingkat Lanjutan (FKRTL) yang telah menyediakan Pelayanan Informasi BPJS Kesehatan dari 43 FKRTL yang bekerja sama dengan BPJS Kesehatan Cabang Kediri.

"Untuk Portal Quick Response (POROS) ditempatkan di fasilitas kesehatan," kata Tutus.

Ia meyakini, inovasi ini membawa kemudahan digital bagi peserta JKN dalam mengakses aplikasi pendukung yang disediakan BPJS Kesehatan untuk memperlancar proses pelayanan di fasilitas kesehatan.

"POROS terdiri dari aplikasi Kesan dan Pesan Setelah Layanan (KESSAN), SIPP, Antrean, dan Web Skrinning yang dapat dimanfaatkan peserta untuk mendapatkan dukungan layanan yang lebih mudah dan cepat," katanya.

Sementara itu, Direktur Utama BPJS Kesehatan, Ghufron Mukti, berharap,  dengan dihadirkannya loket pelayanan informasi BPJS Kesehatan dan Portal Quick Response (POROS) ini, bisa berdampak terhadap peningkatan yang signifikan terhadap mutu layanan dan kepuasan peserta. Untuk itu, ia meminta kepada seluruh pihak dapat bersinergi demi menciptakan pelayanan kesehatan yang berdampak positif terhadap perlindungan kesehatan seluruh masyarakat Indonesia.(Ayu Citra)