Kesehatan

Pelatihan Pelayanan Kontrasepsi Siapkan Para Bidan Pelayanan KB

Oleh: Nanang Adrany Editor: Admin Ternate 21 Sep 2023 - 13:40 Ternate
Pelatihan Pelayanan Kontrasepsi Siapkan Para Bidan Pelayanan KB
pelatihan Pelayanan Kontrasepsi bagi bidan dari 5 Kabupaten/Kota Provinsi Maluku Utara (Dok.BKKBN Malut)

KBRN, Ternate : Tingkatkan Pelayanan Keluarga Berencana (KB) di pulau-pulau terpencil, Perwakilan Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) Provinsi Maluku Utara menyelenggarakan pelatihan Pelayanan Kontrasepsi bagi bidan dari 5 Kabupaten/Kota Provinsi Maluku Utara.

Kegiatan Simulasi Kering pada pelatihan pelayanan kontrasepsi bagi Dokter dan Bidan di Fasyankes Angkatan II Tahun 2023 ini diikuti 15 peserta dari 5 kabupaten/kota yaitu Kota Ternate, Halmahera Selatan, Pulau Morotai, Kepulauan Sula dan Pulau Taliabu.

Fasilitas pelatihan yang dilaksanakan ini merupakan kerjasama antara perwakilan BKKBN Provinsi Maluku Utara dengan Bapelkes Makassar.

Kegiatan Simulasi Kering pada pelatihan pelayanan kontrasepsi bagi Dokter dan Bidan di Fasyankes Angkatan II Tahun 2023 dilaksanakan selama dua hari di Ruang Meeting 4 Lantai 1 Hotel Grand Majang Ternate. 

Ketua Pokja Pelatihan SDM Perwakilan BKKBN Provinsi Maluku Utara Udin Lahidi pada kesempatan itu mengatakan, setelah diberikan materi secara daring, peserta selanjutnya mengikuti simulasi kering dan praktik basah.

โ€Sebelum simulasi kering berlangsung, peserta dibagi beberapa kelompok untuk melakukan praktik kering pemasangan alat kontrasespi didampingi fasilitator. Kegiatan selanjutnya peserta akan melakukan praktik basah pemasangan alat kontrasepsi langsung di Rumah Sakit Umum Daerah Chasan Boesoiri Ternate didampingi oleh fasilitator,โ€ ujar Udin Lahiri.

Kegiatan pelayanan kontrasepsi bagi bidan dan dokter ini dipandu oleh MOT dari Dinas Kesehatan Provinsi Maluku Utara Fani Syamsudin.

Pelaksanaan pelatihan Pelayanan Kontrasespi merupakan upaya peningkatan kompetensi bagi sejumlah bidan yang berada di fasilitas kesehatan khususnya bagi para bidan yang berada di daerah โ€“ daerah terpencil dan menjadi kantong-kantong strategis pelayanan KB.

Bekerjasama dengan Rumah Sakit Umum Daerah Chasan Boesoiri Ternate sebagai tempat praktek pelatihan, Kepala Perwakilan BKKBN Provinsi Maluku Utara Nuryamin berharap kepada peserta pelatihan yang memperoleh sertifikasi standar pelayanan KB dapat berperan aktif memberikan pelayanan yang prima kepada masyarakat dengan ragam kontrasepsi.