Kesehatan

PMT Lokal Bisa Turunkan Stunting, Ini Kata Kapus Seunuddon

Oleh: M.Sofiyanto Editor: Denny Yusman 20 Sep 2023 - 22:16 Lhokseumawe
PMT Lokal Bisa Turunkan Stunting, Ini Kata Kapus Seunuddon
Salah satu petugas pukesmas Seunuddon Kabupaten Aceh Utara, tengah menyuapi PMT lokal kepada salah seorang anak yang mengalami gizi kurang. (Foto: RRI/Dok. Pukesmas Seunuddon)

KBRN, Lhokseumawe : Jajaran kesehatan di pukesmas Seunuddon Kabupaten Aceh utara saat ini terus menjalankan program Pemberian Makanan Tambahan (PMT) berbahan pangan lokal untuk menurunkan sekaligus mengantisipasi potensi penambahan angka stunting di Kecamatan setempat.

Kepala Pukesmas Seunuddon, Ners. Yusriadi S.Kep. M.K.M, saat dikonfirmasi RRI, Rabu (20/9/2023), mengatakan, program PMT lokal ini dijalankan langsung oleh kader desa yang mendapat pengawasan langsung petugas tim gizi pukesmas terkait tata cara pengolahan dan menu makanan disesuaikan baik kepada anak stunting, anak gizi kurang dan ibu hamil dengan kondisi Kekurangan Energi Kronis (KEK).

Kepala Dinas Kesehatan aceh Utara, Amir Syarifuddin (Batik Korpri) didampingi Kapus Seunuddon, Yusriadi, (peci putih) bersama Tim Gizi pukesmas setempat memantau pengolahan PMT lokal. (dok. Pukesmas Seunuddon)


“Nah, di Seunuddon sendiri kita menyiapkan 56 porsi, untuk anak gizi kurang yang didalamnya adan anak stunting dan 9 porsi itu untuk bumil KEK, menu kudapan ini berisi protein hewani dengan mempertimbangkan gizi seimbang itu diolah sendiri oleh para kader desa yang dilaksanakn selama 120 hari “ pungkas Yusriadi.

Tahun 2022 data stunting di Kecamatan Seunuddon, sebut Yusriadi, tercatat 14 orang dan di tahun 2023 turun menjadi 12 orang, pihaknya berharap dengan adanya program PMT lokal angka stunting maupun anak berpotensi stunting dapat menurun sesuai target dari pemerintah.

“Kami optimis dapat menurunkan angka stunting, tahun ini sudah berkurang dari tahun sebelumnya, apalagi adanya program PMT berbahan pangan lokal Insyallah stunting di Kecamatan Seunuddon angkanya dapat ditekan sekecil mungkin “ terang Yusriadi.