Kesehatan

PHBS Bisa Cegah Penularan Penyakit

Oleh: Ahmad Febi Rozaki Editor: Teuku Haris Fadhillah 18 Aug 2023 - 19:32 Takengon
PHBS Bisa Cegah Penularan Penyakit
Ilustrasi Perilaku Hidup Bersih dan Sehat

KBRN, Takengon : Penerapan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) yang rutin dapat mencegah penularan berbagai penyakit. PHBS dapat dilakukan dengan melakukan pembiasaan seperti menjaga kebersihan lingkungan, olahraga teratur, dan mengonsumsi makanan bergizi. Pemberdayaan masyarakat dalam upaya penerapan PHBS sangat penting untuk dilakukan, karena langkah awal untuk memulai kebiasaan ini dimulai dari rumah tangga atau keluarga.

Beberapa penyakit yang berhubungan dengan PHBS yaitu diare, cacingan, tifus, penumonia, demam berdarah, dan kaki gajah. Penyakit yang berhubungan dengan kebersihan lingkungan ini menyumbang 3,5 persen dari total kematian di Indonesia.

Diare mendapat perhatian tertinggi, karena penyakit tersebut menurut Riset Kesehatan Dasar (Riskesdas) 2007 menjadi penyebab kematian nomor satu pada balita, sebesar 25 persen.

Diare juga berada di urutan nomor tiga sebagai penyebab kematian pada semua umur, sebesar 3,5 persen. Kerugian ekonomi menurut penelitian World Bank 2007 diperkirakan mencapai 2,3 persen dari produk domestik bruto. Menurut penelitian, penerapan PHBS terbukti mampu menurunkan sekitar 94 persen penyakit diare.

Caranya sangat sederhana yaitu cuci tangan pakai sabun (CTPS). Kampanye CTPS harus terus digelorakan untuk menjamin meningkatnya kesadaran masyarakat lewat perubahan perilaku secara berkesinambungan.

Adapun perilaku CTPS yang tepat, disebutkan, dilakukan sebelum menyiapkan makanan, setiap kali tangan terasa kotor, setelah buang air, setelah menceboki anak/bayi, setelah menggunakan pestisida dan sebelum menyusui bayi.

Ref : Dinkes Aceh