Kesehatan

​Puskesmas Jakenan Dekatkan Pelayanan Masyarakat Dengan Pustu

Oleh: Agus Pambudi Editor: sigit budi riyanto 02 Aug 2023 - 10:12 Semarang
​Puskesmas Jakenan Dekatkan Pelayanan Masyarakat Dengan Pustu
Seorang pasien sedang berkonsultasi kepada dokter di Pustu Desa Tambahmulyo Puskesmas Jakenan.

KBRN, Pati : Unit Pelaksana Teknis Dinas (UPTD) Pusat Kesehatan Masyarakat (Puskesmas) Jakenan, Kabupaten Pati berupaya mendekatkan pelayanannya kepada masyarakat. Ini dilakukan dengan membuka Puskesmas Pembantu yang berjarak 6 Km dari Puskesmas Induk.

Kepala Puskesmas Jakenan Murtiningsih Rahayu mengatakan, pihaknya berupaya mendekatkan pelayanan kesehatan kepada masyarakat. Masyarakat yang jauh dari Puskesmas Induk, diharapkan dapat mengakses layanan kesehatan di Puskesmas Pembantu di Desa Tambahmulyo. 

“Itu jaraknya sekitar 6 Km dari Puskesmas Induk, dan di sana masih banyak desa. Di Puskesmas Pembantun  itu kami menyediakan SDM, mulai dari dokter, RM, RR, bidan dan perawatnya," ujarnya.

"Sehingga harapan kami kedepan masyarakat yang ada di wilayah bagian barat bisa memanfaatkan Pustu tersebut,” imbuhnya.

Murtiningsih menambahkan, di Puskesmas Pembantu pelayanannya seperti di Puskesmas Jakenan sebagai Puskesmas Induk I. Diantaranya memberikan layanan rujukan secara online, maupun layanan lain-lain juga bisa dilakukan, kecuali untuk laboratorium harus tetap dilakukan di Puskesmas Induk. 

“Jadi layanan rujukan tidak perlu datang ke Puskesmas Induk, apalagi Fasilitas Kesehatan Tingkat Pertama kita BPJS Kesehatan baik PBI maupun non PBI. Kalau memang dekat dengan Pustu di Desa Tambahmulyo bisa dilayani di situ, tidak perlu jauh-jauh ke Puskesmas Jakenan,” jelasnya.

Murtiningsih menegaskan, meski sebagai Puskesmas Pembantu, pihaknya tetap menjadwalkan petugasnya setiap harinya ada satu dokter umumnya.(*)