Kesehatan

RSUD Doris Sylvanus Resmikan Pelayanan MRI 1,5 Tesla

Oleh: Septina Trisnawati Editor: Gordon L Tobing 13 Jul 2023 - 16:49 Palangkaraya
RSUD Doris Sylvanus Resmikan Pelayanan MRI 1,5 Tesla
Plt. Direktur RSUD dr. Doris Sylvanus, Ady Fradhita, saat menyerahkan potongan tumpeng kepada Kepala Instalasi Radio Diagnostik, dr. Uusara, Sp.Rad, saat Soft Opening MRI 1.5 Tesla, Kamis (13/7/2023). (Foto: RRI/Septina)

KBRN, Palangka Raya: Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) dr. Doris Sylvanus Palangka Raya akan membuka pelayanan MRI 1,5 Tesla mulai Jum'at (14/7/2023). Peresmian pelayanan MRI 1,5 Tesla berlangsung di Gedung MRI sebelah Ruang Anggrek RSUD Doris Sylvanus pada Kamis (13/7/2023). 

Plt. Direktur RSUD dr. Doris Sylvanus, Ady Fraditha, mengatakan peresmian MRI 1,5 Tesla ini adalah acara syukuran untuk memulai layanan menggunakan alat pemindai pencitraan resonansi magnetik (MRI). Alat MRI 1,5 Tesla dengan Merek Philips Ingenia ini sudah ada di RSUD dr. Doris Sylvanus sejak akhir tahun lalu. 

"Dengan acara soft opening ini sebenarnya ini adalah acara syukuran. Harapan kita nanti ketika sudah selesai rehab bagian eksterior gedung, kita akan lakukan grand opening. Tentunya karena alatnya sudah ada cukup lama, dan kita harus segera memungsikannya tanpa menunggu semuanya selesai dibangun. Kita mulai saja laksanakan pelayanan," kata Plt. Dirut RSUD dr. Doris Sylvanus usai melakukan proses potong tumpeng dan gunting pita pada acara Soft Opening MRI 1,5 Tesla. 

Ady Fraditha mengatakan pembangunan eksterior gedung MRI masuk dalam tahap kedua setelah bagian interior direhab. Ditargetkan, pengerjaan bagian luar gedung akan rampung 3-4 bulan lagi.

Ditambahkan, selain MRI 1,5 Tesla, dalam satu sampai dua bulan lagi, di Gedung MRI akan kedatangan satu alat baru yakni CT Scan 128 slice. 

Keunggulan CT Scan 128 Slice ini adalah mampu menghasilkan kualitas gambar yang sangat baik dengan kontras yang lebih tajam. Sementara untuk saat ini RSUD dr. Doris Sylvanus hanya memiliki CT Scan 16 slice.  

Di tempat yang sama, Kepala Instalasi Radio Diagnostik, dr. Uusara, Sp.Rad, mengatakan fasilitas MRI 1,5 Tesla ini akan memperkuat kemampuan RSUD dr. Doris Sylvanus dalam mendeteksi diagnosis dan mengawasi penyakit dengan lebih baik sehingga memungkinkan pengobatan yang lebih tepat dan efektif. 

Pihaknya berharap, pelayanan MRI 1,5 Tesla dapat meningkatkan kepuasan pasien, mempercepat diagnosa dan memberikan pengobatan yang lebih baik.

"Dengan adanya MRI 1,5 Tesla ini, bisa dikurangi rujukan ke luar daerah, terutama kasus tulang belakang. Kasian pasien karena untuk memeriksa itu aja harus dirujuk ke Banjarmasin. Dengan adanya di sini tidak perlu lagi dirujuk," katanya.

dr. Uusara yang didampingi Kepala Ruangan Instalasi Radiologi, Bagus Aji Purnomo, mengatakan untuk tahap awal pihaknya hanya melayani maksimal 3 pasien dalam sehari.

Menurutnya, pasien peserta BPJS Kesehatan juga sudah dapat menggunakan layanan MRI 1,5 Tesla di RSUD dr. Doris Sylvanus. 

Kepala Instalasi Radio Diagnostik RSUD dr. Doris Sylvanus menjelaskan bahwa MRI berfungsi untuk memindai jaringan lunak seperti lutut, bahu maupun sakit pada tulang belakang. Menurutnya, alat tersebut memiliki kekurangan dan kelebihan. 

Kelebihannya adalah pemeriksaan bisa dilakukan lebih detil dan komplit, namun kekurangannya proses pemeriksaan membutuhkan waktu agak lama. 

Ditambahkan dr. Uusara, MRI adalah teknologi diagnostik canggih yang memberikan detail tentang kondisi internal manusia tanpa menggunakan radiasi berbahaya.