Kesehatan

Keluarga Dinilai Jadi Sumber Kehidupan Berikan Rasa Aman

Oleh: Tsalisa Nur Aini Editor: Mosita 06 Jul 2023 - 13:05 Pusat Pemberitaan
Keluarga Dinilai Jadi Sumber Kehidupan Berikan Rasa Aman
Logo harganas. (Foto: BKKBN)

KBRN, Jakarta: Keluarga dinilai menjadi sumber kehidupan yang senantiasa memberikan rasa aman, melindungi, serta menjaga anggotanya. Hal ini disampaikan Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (Menteri PPPA), I Gusti Ayu Bintang Darmawati.

"Keluarga adalah sumber kebahagiaan, cinta dan kasih sayang yang senantiasa menopang semangat kita. Keluarga juga berperan dalam membekali nilai kehidupan generasi muda," katanya dalam keterangan, Kamis (6/7/2023).

"Selamat Hari Keluarga Nasional ke 30, bersama kita menuju keluarga bebas stunting untuk Indonesia maju. Mari kita jadikan harganas sebagai momentum untuk menggalang dan meningkatkan komitmen seluruh unsur," kata dia.

Ucapan senada juga disampaikan Ketua Pengurus Pusat Ikatan Bidan Indonesia (IBI) Dr. Emi Nurjasmi. Menurutnya keluarga adalah unit terkecil dalam masyarakat sebagai tempat saling bernaung, saling mencintai, dan membutuhkan.

"Dari keluarga inilah akan dilahirkan putra putri generasi bangsa yang akan datang. Untuk menjaga kualitas generasi penerus bangsa bebas stunting, kita perlu menjaga catin dengan memeriksa kesehatan di faskes tiga bulan sebelum menikah," katanya.

"Juga pemeriksaan kadar HB dalam darah, mengukur lingkar lengan atas kiri dan juga kanan wanita. Serta mengukur berat badan dan tinggi badn bagi catin," katanya.

Sementara, kata dia, untuk calon pengantin pria juga diperiksakan kebugarannya, untuk memastikan kesiapan mendapatkan keturunan. "Memastikan pemenuhan makanan bergizi bagi catin penting untuk dilakukan, untuk mencegah energi kronis dan anemia sebagai salah satu risiko melahirkan bayi stunting," katanya.