Ibadah Haji

Legislator Imbau Jemaah Haji Saling Membantu

Oleh: Dedi Hidayat Editor: Tegar 29 May 2023 - 13:45 location_on Pusat Pemberitaan
Wakil Ketua Komisi VIII DPR RI Ace Hasan Syadzily bersama tim saat melepas rombongan calon jemaah haji di Embarkasi Indramayu, Provinsi Jawa Barat, Minggu (28/5/2023). (Foto: DPR)

KBRN, Jakarta: Wakil Ketua Komisi VIII DPR RI Ace Hasan Syadzily mengimbau agar para jemaah haji Indonesia saling membantu satu sama lain selama di Arab Saudi. Pasalnya, terdapat kendala mengenai jemaah Lansia di tahun ini, khususnya bagi jemaah lansia yang masuk dalam daftar prioritas. 

Pada tahun ini, Kementerian Agama RI memutuskan untuk tidak ada pendamping bagi jemaah Lansia prioritas. Sedangkan, pada tahun ini jumlah jemaah haji lansia mencapai 30 persen lebih atau sebanyak 62.879 jamaah.

"Banyaknya jemaah lansia, maka mutlak diperlukan saling menolong dari para sesama jemaah haji. Tidak perlu ada lagi ego jabatan, kedudukan, dan status sosial selama di Arab Saudi," kata Wakil Ketua Komisi VIII DPR RI Ace Hasan Syadzily dalam keterangan persnya, Senin (29/5/2023).

Politikus Golkar ini menyoroti, banyaknya lansia yang masuk dalam daftar jemaah haji prioritas tahun ini. Para jemaah lansia juga diimbau, tidak memaksakan diri saat saat menunaikan ibadah-ibadah sunnah.

"Jangan memaksakan diri untuk shalat lima waktu di Masjidil Haram, karena dapat dilakukan di hotel. Kawasan hotel yang ditempati oleh para jemaah adalah masuk dalam Kawasan Harom, sehingga pahalanya masih sama," ucap Ace.

Menurut Ace, sebaiknya para jemaah haji lansia menyimpan energi dan tenaga untuk persiapan wukuf di Arafah. "Siapkan energi di Muzdalifah dan mabit, serta lempar jumrah di Mina yang memerlukan tenaga ekstra," ujar Ace.

Oleh sebab itu, Ace menegaskan, diperlukannya energi ekstra untuk memberikan pelayanan kepada para jemaah lansia. "Selalu diingatkan untuk tidak memaksakan diri mengikuti kegiatan-kegiatan yang dapat memporsir energi jemaah lansia," kata Ace.
​