KBRN, Banjarmasin : Madihin adalah salah satu sastra lisan urang Banjar Kalimantan Selatan , perkembangan madihin dari zaman ke zaman yang dimana tidak menutup kemungkinan jika tidak dilestarikan akan tergerus juga.
Menurut Maestro Madihin Kalimantan Selatan H. Anang Syahrani tentang perkembangan madihin. Dahulu madihin itu bersahut sahutan dan biasanya ada yang bertanya ada yang menjawab yang menjadi ciri khas dalam madihin, namun sesuai dengan perkembangan zaman dan tergantung dari sipemadihin.
Kalau basic si pemadihin adalan seorang komedian isi madihin itu akan komedian. Ada madihin aliran komedian seperti alm. Jhon tralala yang mana beliau adalah aikonnya dan mampu menyedot masa yang membeludak ketika mendengar beliau datang.
Generasi berikutnya belum tentu sama denga beliau dan ini luar biasa almarhum sangat berjasa membawa madihin ketingkat nasional.
Demimuan dikatakan H. Anang Syahrani dmana pada tanggal 17 Oktober tahun 2014 lalu madihin sudah diakui sebagai kesenian nasional.
"Dahulu madihin sangat diminati karena hiburan lain belum seperti media masa sekarang, bahkan dahulu ada lomba madihin, apa bila tidak bisa menyahut maka dia kalah namya tarung madihin yang pernah dimainkan di taman budaya," ungkap Anang.
Membaca keadaan zaman sekarang dimana setiap generasi madihin itu punya cirikhasnya masing masing. Sekarang seniman madihin baik dia kawakan atau milenial sekarang mereka memainkan madihin sesuai ekspresi masing masing dengan struktur yang ada.
Madihin itu ada etikanya, ada kesantunan dan pepadah atau pesan. Dan pemadihin juga harus bisa menyaring apakah itu layak atau tidak untuk dibawakan atau disampaika diruang public dan sesuai pada tempatnya dan dapat memberikan edukasi yang baik.
Seorang madihin harus kreatif dan harus bisa membaca selera masyarakat, apa yang tren saat ini. Karena madihin juga bisa mengisi di ruang ruang formal dan itu hebatnya madihin bisa main di berbagai macam acara di acara tingkat nasional bahkan sudah mendapatkan porsi di tingkat internasional, seperti H.Anang Syahrani beliau sering main di negara serumpun seperti Malaysia dan Brunei.
Menurutnya madihin memiliki struktur yang baku dengan kemapuan intelektual pemadihinnya dan cara mengemas madihin dengan baik.
Maestro Madihin H. Anang Syahrani, yang sudah lama merintis madihin di RRI seperti Madihin Telangkai , Bunga Rampai Madihin , Madihin Mangganang Banua, Paman (Pamanderan Madihin), Madihin Bakisah, dan sampai sekarang 2024 ada Madihin Syair Bakisah.
Madihin kekayaan lokal genius urang banjar dan madihin punya pungsi menyampaikan pesan pesan moral dan pesan pembangunan.
Madihin seni tutur sastra lisan kesenian khas urang banjar yang di iringi instrument alat tabu bernama Tarbang, kalau tidak ada tabang itu bukan madihin namanya.
Madihin generasi muda sekarang dengan berbagai macan tren dan kreasi dalam bemadihin, seperti ada hip hop dan juga dangdut.
Madihin sekarang Harus update , tidak bisa hanya dengan syair hapalan karena dizaman sekarang orang mempunyai lebih banyak pilihan jadi harus lebih update lagi dalam bermadihin sehingga tidak tergerus oleh zaman dan dapat tetap eksis dan bertahan di berbagai kalangan denga pilihan kata yg tepat dan bagus.
Dengan mengemas Madihin dengan baik agar tetap eksis dengan cirikhas nya masing masing fasionnya masing masing , bekreasi dan berkolaborasi tapi jangan meninggalkan pakem yang ada denga santun dan mendidik yang baik dan memberikan pengetahuan dan juga nasehat nasehat dan petuah yang baik dan bernuasakan religius .