Daerah

1,5 Triliun Dikucurkan 7 Investor Untuk Kembangkan KEK Mandalika

Oleh: Maya Oktariva Editor: Nasrudin 03 Nov 2023 - 20:05 Mataram
1,5 Triliun Dikucurkan 7 Investor Untuk Kembangkan KEK Mandalika
1,5 Triliun Dikucurkan 7 Investor Untuk Kembangkan KEK Mandalika

KBRN, Lombok Tengah: Indonesia Tourism Development Corporation (ITDC) melakukan penandatanganan kerja sama dengan investor terkait investasi pariwisata di KEK Mandalika hari ini di Jakarta. Kerja sama tersebut melibatkan PT Arena Pacu Nusantara, PT ARCS House, dan PT Istana Putri Mandalika, dan PT Ecomarine Indo Putra.


Secara rinci, Penandatanganan kerja sama tersebut, antara lain penandatanganan Heads Of Agreement (HOA) antara ITDC dengan PT Arena Pacu Nusantara terkait pengembangan The Horse Tainment Estate atau Pacuan Kuda. Kemudian penandatanganan Term Sheet Hotel dengan PT ARCS House untuk pengembangan Hotel Jambuluwuk dan kerjasama ITDC dengan PT Istana Putri Mandalika untuk pengembangan Hotel Novotel.

Lalu penandatanganan MoU antara anak usaha ITDC, yaitu ITDC Nusantara Properti dengan PT Ecomarine Indo Putra terkait pengembangan Wibit Water Sport dan Circuit Café.


Direktur Utama ITDC Ari Respati mengatakan, kerja sama dengan ketujuh investor punya nilai investasi sebesar Rp 1,5 triliun.


"Setahu saya Rp 1,5 triliun. Untuk detailnya saya nggak ingat, tapi total keseluruhan kerja sama itu Rp 1,5 triliun. Total investasinya segitu," ujarnya di sela acara penandatangan kerja sama di Gedung Sarinah, Jakarta.


Aryo Djojohadikusumo Founder of PT Arena Pacu Nusantara mengatakan, pihaknya akan investasi dengan total Rp 400 miliar dalam kurun waktu kurang dari 5 tahun.

Adapun pada fase pertama nilai investasinya adalah Rp 100 miliar. Semnentara keseluruhan investasi akan digunakan untuk pembangunan fasilitas balapan kuda dan fasilitas olahraga berkuda lainnya filed polo dan beach polo serta  fasilitas berkuda memanah.

"Ada juga berkuda memanah, dan juga kandang-kandangnya, semuanya total investasi ada Rp 400 miliar lebih dalam waktu kurang dari 5 tahun," tutupnya

​