Peringatan HBI Ke-73: Kemenkum HAM NTT Lakukan Tabur Bunga

Penaburan Bunga yang dilaksanakan Jajaran Kemenkum HAM NTT momentum Hari Bhakti Imigrasi yang ke 73 Tahun


KBRN, Kupang: Dalam release yang di terima rri.co.id Peringatan Hari Bhakti Imigrasi (HBI) Ke-73 Tahun 2023 lingkungan Kanwil Kemenkumham NTT melakukan uacara penghortaman dan tabur bunga di Taman Makam Pahlawan Dharmaloka.

"Mari kita selalu mengenang jasa para pahlawan setiap momen, tidak hanya pada hari Bhakti Imigrasi tetapi kenangkan mereka dengan cara masing-masing. Sebagai bentuk rasa syukur, kita menghormati mereka yang telah berjuang bagi kemerdekaan bangsa dan negara ini. Teristimewa para pahlawan di lingkungan Kementerian Hukum dan HAM RI.” Kata Kepala Kanwil Kemenkumham NTT, Marciana Dominika Jone, Kamis, (26/1/23).

Menurut Marciana, Indonesia dapat berdiri sebagai bangsa yang merdeka dan berdaulat berkat perjuangan serta tumpah darah para pahlawan.

Dirinya meminta agar Kemenkumham sebagai warga negara Indonesia yang baik wajib untuk selalu mengenang, menghargai, dan mendoakan para pahlawan.

"Hari Bhakti Imigrasi bukan hanya sekedar seremonial kita datang kesini mengenang para pahlawan. Tapi bagaimana semangat para pahlawan harus hadir dalam jiwa kita," ucapnya.

Marciana menambahkan, jajaran Keimigrasian perlu melakukan refleksi atas pelaksanaan tugas dan fungsi selama ini.

Refleksi kemudian dijadikan sebagai dasar untuk melakukan perubahan ke arah yang lebih baik. Dengan meneladani semangat para pahlawan, jajaran Keimigrasian diharapkan mampu menunjukkan kinerja yang semakin baik kedepannya.

Sementara itu Kepala Divisi Keimigrasian, I. Ismoyo mengatakan, upacara tabur bunga merupakan hal yang positif dalam rangka memperingati Hari Bhakti Imigrasi Ke-73.

Para insan Imigrasi khususnya diharapkan lebih menyadari perjuangan para pahlawan yang telah gugur untuk kedaulatan NKRI.

Bangsa yang besar adalah bangsa yang selalu mengingat jasa-jasa para pahlawannya, serta jangan sekali-kali meninggalkan sejarah.

"Tanpa adanya perjuangan pahlawan dulu, kita tidak akan menjadi bangsa yang besar seperti ini sehingga kita selaku insan Imigrasi harus lebih berfikir maju dan berjuang untuk membangun NKRI di bidang Keimigrasian," Kata Ismoyo.

Tabur bunga diikuti Kepala Kanwil Kemenkumham NTT, Marciana Dominika Jone bersama jajaran Divisi dan UPT Keimigrasian dan Pemasyarakatan di Kota Kupang. Sebelum melaksanakan tabur bunga, kegiatan diawali dengan Upacara yang diisi penghormatan kepada arwah pahlawan, mengheningkan cipta, dan peletakan karangan bunga di tugu makam pahlawan. (CS)

.