• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Pendidikan

Fakultas Kedokteran UGM Yogyakarta Berganti Nama Baru

5 March
20:09 2018
0 Votes (0)

KBRN, Yogyakarta: Meskipun mulai tanggal 01 November 2017 Fakultas Kedokteran UGM berganti nama menjadi Fakultas Kedokteran, Kesehatan Masyarakat dan Keperawatan (FKKMK UGM), namun bertepatan dengan momentum Dies Natalis FKKMK UGM ke-72 hari Senin (5/3/18) nama baru tersebut diresmikan.

Prof. Ova Emilia, Dekan Fakultas Kedokteran yang kini menjadi FKKMK mengatakan, ilmu kesehatan masyarakat dan keperawatan sudah lama ada serta memiliki kemajuan setara dengan ilmu-ilmu kedokteran. Karena itu, setelah melalui proses yang panjang, sekitar bukan Oktober 2017 dicapai kesepakatan melalui Senat Fakultas, penggantian nama tersebut.

“Namanya dulu itu Fakultas Kedokteran dan ada departemen Ilmu Kesehatan Masyarakat. Itu sudah ada sejak awal ketika Fakultas Kedokteran berdiri. Nah, kalau Keperawatan ini mulai masuk tahun 1998, sudah 20 tahun sekarang. Nah sejak itu banyak sekali hasil-hasil yang ditunjukkan baik Ilmu Kesehatan MAsyarakat maupun Keperawatan. Untuk publikasi mereka memiliki produktifitas sangat tinggi,” jelas Prof. Ova Emilia.

Sementara itu, Ketua Senat Fakultas Prof. Muhammad Juffrie mengatakan, perubahan nama ini menjadi momentum penting dalam rencana strategis FKKMK. Terlebih dengan perkembangan ilmu di FK UGM yang berlangsung cukup dinamis.  Menurut Prof. Juffrie,  pergantian nama tersebut untuk mengakomodasi seluruh kegiatan akademik didalamnya.  Perubahan nama tidaklah mudah dan melalui proses selama 10 tahun. Sampai dengan Oktober 2017.

Ilmu-ilmu yang berkembang di Fakultas Kedokteran yang tadinya hanya Ilmu Kedokteran saja tetapi masuklah ilmu-ilmu yang lain yaitu Ilmu Kesehatan Masyarakat, Gizi dan Keperawatan. Nah ini harus diwadahi dan tercermin atau terakomodir. Proses ini tidak mudah karena didalam Fakultas Kedokteran sendiri teriri dari berbagai SDM yang masih menghendaki tetap sebagai Fakultas Kedokteran sedangkan yang lain menghendaki berubah,” kata Prof Muhamad Juffrie.   

FKKMK merupakan Fakultas Kedokteran tertua di Indonesia yang berdiri pada tanggal 5 Maret 1946 dan saat ini memiliki 32 departemen serta telah meluluskan ribuan alumni di seluruh pelosok Indonesia maupun di berbagai negara. (mun/lim/yyw).

  • Tentang Penulis

    Munarsih Sahana

    Reporter RRI Yogyakarta<br /><br />

  • Tentang Editor

    Yahya Widodo

    No description yet...<br /><br />

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00