• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Daerah

BKKBN Luruskan Humor Vasektomi Adalah Kebiri

26 November
14:15 2019
0 Votes (0)

KBRN, Samarinda : Perwakilan Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) Kalimantan Timur memberikan pemahaman lebih tentang KB Metode Operasi Pria (MOP) atau yang biasa dikenal dengan vasketomi kepada Motivator KB Pria Samarinda, Selasa (26/11/2019) di salah satu Hotel ternama Jalan Mulawarman Samarinda.

Kepala Perwakilan BKKBN Kaltim Eli Kusnaeli menjelaskan, Vasektomi merupakan KB Pria yang sangat bagus digunakan untuk Metode Kontrasepsi Jangka Panjang (MKJP). Namun banyak perspektif masyakarat menilai Vasktomi sama halnya dengan dikebiri.

Sehingga dalam kegiatan ini dirinya berharap kepada para motivator KB di Samarinda untuk memberikan pemahaman yang benar kepada masyarakat terkait dengan KB pria ini agar aseptor (pengguna KB) Vasektomi banyak diminati, khususnya bagi pasangan usia subur.

“Itu sudah kita jelaskan, rumor rumor itu tidak benar pada saat dilakukan vasektomi itu bukan kebiri, karena vasektomi itu hanya mengikat saluran sel spermanya saja, jadi semua alatnya tidak ada yang dilakukan dan hubungan suami istri juga tidak ada masalah, jadi dari 1000 orang itu semua happy happy aja termasuk yang hari ini semua telah mengatakan saya tidak ada masalah dan saya bahagai,”kata Eli.

BKKBN Kaltim mencatat hingga bulan Oktober 2019 hanya ada 1.000 pengguna Vasektomi dari seluruh pasangan di Bumi Etam.

Adapun faktor penyebab minimnya pengguna vasektomi, diantaranya adanya mitos vasektomi dapat memengaruhi gairah seksual pria dan ketakutan para istri kepada suaminya yang divasektomi. Karena dianggap dapat melakukan hubungan seksual dengan wanita lain tanpa meninggalkan jejak.

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00