• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Daerah

Dinas Pertanian telah Berikan Puluhan Paket Bantuan bagi Kelompok Tani di Kubar

21 November
21:21 2019
0 Votes (0)

KBRN, Sendawar: Dinas Pertanian Kabupaten Kutai Barat (Kubar) kembali memberikan bantuan Alat Mesin Pertanian (Alsintan), Bibit Karet dan Kakao serta Bibit Babi dan Sapi kepada sejumlah Kelompok Tani di Wilayah tersebut, pada momen peringatan Hari Pangan Sedunia ke-39, di Rapak Oros Kecamatan Linggang Bigung, pada tanggal 19 November 2019 ini.

Masing-masing, sebanyak 25.300 bantuan bibit karet untuk proses peremajaan dan pengembangan serta Bantuan pengembangan tanaman Kakao sebanyak 24.000 bibit, yang bersumber dari APBN, APBD Provinsi dan Kabupaten.

Kemudian bantuan Bibit Babi sebanyak 16 ekor dan Bibit Sapi sebanyak 9 ekor bersumber dari APBD Kabupaten Kubar. Serta bantuan Alsintan, yakni 11 unit hand traktor roda 2, kemudian 1 unit hand traktor roda 4, dan 4 unit Pompa Air, yang bersumber dari APBN dan APBD Provinsi Kalimantan Timur (Kaltim).

“Jadi kemarin, dalam rangka memacu percepatan penyediaan pangan, Dinas Pertanian kembali memberikan beberapa bantuan yaitu ada Alsintan berupa 11 unit hand traktor dan 4 unit pompa air dari APBN serta 1 unit hand traktor roda empat yang bersumber dari APBD Provinsi. Kemudian kemarin juga secara simbolis diberikan bantuan Bibit Kakao, Karet, bibit Babi dan Sapi yang kita berikan kepada Petani supaya lebih semangat dalam meningkatkan produksi pertanian dalam arti luas,”kata Kadis Pertanian Kubar Petrus saat dikonfirmasi RRI Sendawar, Kamis (21/11/2019).

Demikian dijelaskan, Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Kutai Barat Petrus saat dikonfirmasi RRI Sendawar diruang kerjanya, Kamis (12/11/2019).

Petrus menyebutkan, dengan diberikannya bantuan tersebut, sudah ada puluhan paket bantuan yang diberikan kepada masyarakat Petani sepanjang tahun 2019 ini.

Mulai dari Bidang Tanaman Pangan dan Holtikultura kurang lebih sebanyak 19 paket, diantaranya bantuan bibit untuk pengembangan buah-baahan, percetakan sawah, dan peningkatan jalan usaha tani, termasuk alsintan.

Berikutnya, ada 14 paket bantuan untuk kegiatan Peternakan, diantaranya bantuan ternak Kerbau, Sapi, Babi, Ayam Kambing dan Itik. Termasuk bantuan hijauan pakan ternak, dan bantuan Konsentrat.

Kemudian untuk kegiatan Perkebunan ada bantuan Peremajaan, Intensifikasi dan Pupuk Karet, Bibit Lada, Rumah Kompos, dan bantuan Embung. Serta paket bantuan untuk kegiatan Penyuluhan seperti Demplot di Lahan BPP dan Penyuluh Lapangan, Penguatan Sarana dan Prasarana melalui pembangunan BPP, juga bantuan Alsintan.

Ia berharap melalui bantuan ini dapat meningkatkan semangat para petani guna mewujudkan Kutai Barat sebagai penyangga pangan Nasional menyongsong Ibu Kota Negara di Provinsi Kalimantan Timur.

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00