• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Budaya

PKK Kubar ajak Masyarakat Lestarikan dan Promosikan Busana Khas Daerah

20 November
15:50 2019
0 Votes (0)

KBRN, Sendawar: Tim Penggerak PKK Kabupaten Kutai Barat (Kubar) melalui Kelompok Kerja (Pokja) III menggelar kegiatan rutin Lomba Fashion Show kategori Big Size dan Langsing dengan Tema “Karnaval”. Berlangsung di Gedung Serba Guna Kantor PKK Kubar, Senin (18/11/2019) malam.

Lomba tersebut diikuti 13 dari 16 Tim Penggerak PKK Kecamatan, dengan total peserta 26 orang atau masing-masing 13 peserta lomba fashion show kategori Big Size dan 13 Peserta lomba kategori Langsing.

Ketua Tim Penggerak PKK Kubar Yayuk Seri Rahayu Yapan mengatakan, kegiatan ini dilaksanakan untuk menumbuhkan rasa cinta dan bangga masyarakat terhadap busana khas Daerah.

Serta sebagai upaya promosi sekaligus ajang untuk memotifasi Masyarakat khususnya para kader Tim Penggerak PKK se-Kubar agar terus berinovasi guna menghasilkan karya busa khas Daerah yang elegan dan mampu bersaing dengan Daerah lain.

“Saya minta kepada seluruh ketua Tim Penggerak PKK Kecamatan, mari kita sama-sama melestarikan apa yang sudah ada di Daerah kita masing-masing. Gunakanlah busana khas daerah kita, saya ingin kita gunakan produk-produk lokal. Tidak harus tiap hari, tapi dalam setiap kesempatan kita bisa menggunakannya,”katanya

Yayuk Seri Rahayu menegaskan, ada banyak sekali potensi dan keanekaragaman Wastra, kerajinan dan lain sebagainya khususnya sandang yang bisa dikembangkan untuk meningkatkan perekonomian keluarga.

Maka itu, Ia menghimbau kepada Masyarakat, agar turut serta mempromosikan keanekaragaman tersebut, minimal dimulai dari disi sendiri, tidak malu mengenakan produk-produk hasil kerajinan lokal Daerah.

“Sejak 2016 saya melihat banyaknya potensi-potensi yang ada di Kutai Barat ini. Bahkan pada tanggal 12 November ini kita baru menerima sertifikat geografis untuk Tenun Doyo. Walaupun tidak mudah untuk mendapatkan itu, butuh biaya yang sangat besar. Tapi semampu saya akan berusaha untuk memperjuangkan potensi yang kita miliki ini agar mendapat hak cipta. Dan sudah ada seperti Batik Kriokng, Moring, Tumpar termasuk Tikar atau kerajinan rotan tahun ini dalam proses mendapatkan hak cipta, juga tahun depan kerajinan sarut dan batik yang akan kita upayakan,”tandasnya

“Saya mohon maaf karena tidak bisa melakukannya sekaligus, karena seperti yang saya katakan tadi, kita perlu biaya untuk mendapatkan hak cipta dan indikasi geografis tadi. Tapi secara perlahan setiap tahun saya akan berusaha memperjuangan untuk mendapatkan hak cipta terhadap potensi-potensi khususnya dibidang kerajinan yang kita miliki di Kutai Barat ini,”tambahnya

Untuk diketahui, Pemenang Lomba Fashion Show PKK Kubar tahun ini yakni masing-masing untuk kategori Big Size, Juara I diraih Perwakilan Kecamatan Selokaq Darat, Juara II Perwakilan Kecamatan Muara Lawa, Juara III Perwakilan Kecamatan Barong Tongkok.

Kemudian Harapan I Perwakilan Kecamatan Damai, Harapan II Perwakilan Kecamatan Muara Pahu, Harapan III Perwakilan Kecamatan Bongan dan Juara Favorit Perwakilan Kecamatan Siluq Ngurai.

Sedangkan untuk kategori Langsing: Juara I Perwakilan Kecamatan Selokaq Darat, Juara II Perwakilan Kecamatan Barong Tongkok, Juara III Perwakilan Kecamatan Damai.

Berikutnya Harapan I Perwakilan Kecamatan Tering, Harapan II Perwakilan Kecamatan Muara Pahu, Harapan III Perwakilan Kecamatan Bongan dan Juara Favorit Perwakilan Kecamatan Melak.

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00