• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Olahraga

Baru ikut Event Nasional dan Internasional, Arung Jeram Kubar Tembus Posisi 4 Besar

20 November
10:25 2019
1 Votes (5)

KBRN, Sendawar: Sebanyak 6 orang atlet junior Kabupaten Kutai Barat (Kubar) telah menunaikan tugas dalam membela Kalimantan Timur (Kaltim) pada Kejuaraan Nasional Arung Jeram di Kabupaten Kerinci Provinsi Jambi, pada tanggal 1-5 November.

Serta membawa nama Kutai Barat dalam Kejuaraan Arung Jeram Internasional di Objek Wisata Silokek Kabupaten Sijunjung, Provinsi Sumatera Barat (Sumbar) pada tanggal 10-14 November 2019 ini.

Meskipun hanya mampu bertengger di Posisi ke-4 pada dua kejuaraan tersebut, namun Ketua Federasi Arung Jeram Indonesia (FAJI) Kubar Mikael Henry Smith saat dikonfirmasi RRI Sendawar, Rabu (20/11/2019) mengaku, apa yang dipersembahkan para atletnya itu melebihi ekspektasi. Mengingat FAJI Kubar baru pertama kalinya mengikuti Kejuaraan level Nasional dan Internasional sejak resmi terbentuk tahun 2016 silam.

“Ya pelaksanaannya sih berjalan lancar, sesuai harapan kita dan hasilnyapun melebihi ekspektasi untuk ukuran kita yang baru mencoba memulai membentuk atlet arung jeram dan inipun try out -nya lagsung bertajuk kejuaran Nasional dan Internasional. Memang sih tidak podium, tapi pringkat empat itu sudah prestasi yang luar biasa. Artinya harapan dari semua itu, ya pengalaman dan mental tandingnya saja, seupaya selanjutnya menjadi tolak ukur kita untuk target berikutnya,”ungkapnya

Disinnggung mengenai evaluasi mengikuti dua event tersebut, Smith menegaskan hal itu sudah pasti dilakukan untuk mencapai hasil yang lebih baik. Bahkan dengan berbagai keterbatasan yang di hadapi dalam pembinaan saat ini, Ia optimis para atlet arung jeram Kutai Barat mampu bersaing dengan atlet dari Daerah luar kedepannya.

“Kalau evaluasi pasti ada, karena pada event-event berikutnya tentu kita pengen yang lebihlah dari sebelumnya, minimal podium. Untuk kesitu memang banyak yang diperlukan, mulai dari disiplin latihan, kemudian sarana-prasarana untuk berlatih juga harus ditunjang. Cuma kita akan berusaha dengan kekurangan yang ada, kita tahu bahwa tidak semua bisa kita penuhi tapi bisalah kita menutupi kekurangan yang ada. Kemarin karena pemula kita tidak bisa menekan terlalu disiplin, tapi setelah ini bisalah kita berbuat lebih, artinya kita sudah menilai level Nasional seperti apa dan level Internasional seperti apa,”tegasnya

Maka itu, Smith berharap kepada para atlet arung jeram Kutai Barat agar tidak hentinya berlatih, mengembangkan kamampuan yang dibutuhkan sebagai seorang penakluk jeram profesional, guna mendulang prestasi dan harumnya nama Daerah dimasa-masa mendatang.

Untuk diketahui, ke-6 atlet tersebut mempu membawa Provinsi Kalimantan Timur di-peringkat ke-4 dari 11 Provinsi yang mengikuti kejuaraan Nasional di Provinsi Jambi. Juga meraih Peringkat ke-4 dari 9 Tim yang bertarung dalam Kejuaraan Internasional yang diselenggarakan di Provinsi Sumatera Barat tahun 2019 ini.

Mereka bertarung dalam kelas Junior Man, dengan kategori yang diikuti yakni, Sprint Race, Head to Head, Slalom dan Down River Race (DRR).

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00