• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Ekonomi dan Bisnis

Terima Dana Kelurahan Rp 1,1 M, Kelurahan Simpang Raya-Kubar Lakukan Kegiatan Fisik

15 November
16:19 2019
1 Votes (5)

KBRN, Sendawar: Pemerintah Kelurahan Simpang Raya, Kecamatan Barong Tongkok, merupakan 1 dari 4 Kelurahan di Kabupaten Kutai Barat (Kubar) yang telah menerima pencairan Dana Kelurahan tahap I, pada bulan Mei tahun 2019.

Lurah Simpang Raya Wilhelmus kepada RRI Sendawar, Jumat (15/11/2019) mengatakan, dana tersebut bersumber dari Dana Alokasi Umum (DAU) dan Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) Kubar sebesar Rp1,1 Miliar. Diperuntukan pembangunan sarana-prasarana Kelurahan baik dalam bentuk fisik maupun pemberdayaan.

“Juknis-nya memang diperuntukan, pertama pembangunan sarana-prasarana Kelurahan, ada fisiknya ada juga untuk pemberdayaannya. Jadi Dana Kelurahan yang bersumber dari DAU, itu sekitar Rp370 juta lebih. Kemudian yang bersumber dari APBD sekitar Rp760 juta, totalnya kurang lebih Rp 1,1 Miliar,”katanya

Di Kelurahan Simpang Raya tambahnya, kegiatan yang dilakukan menggunakan dana Rp1,1 Miliar tersebut yakni, Semenisasi jalan, pembangunan Posyandu, dan Tribun Kelurahan.

Namun demikian, khusus untuk pembangunan Tribun Kelurahan, Wilhelmus mengkau penyerapan anggarannya tidak optimal karena terkendala waktu. Sehingga diharapkan kepada OPD terkait ditingkat Kabupaten agar anggaran pembangunannya tetap dimasukkan dalam pencairan Dana Kelurahan tahap ke-dua tahun 2020 mendatang.

“Karena tahun ini kita menerimanya dipertengahan anggaran, jadi kita menggunakan anggaran ini khusus untuk kegiatan fisik saja. Nah untuk tahap awal ini, pembangunan fisik yang kita bangun pertama adalah semenisasi, yang kedua pembangunan Posyandu dan ketiga pembangunan Tribun Kelurahan. Nah tribun kelurahan inilah yang mungkin tidak terserap anggarannya karena masalah waktu, jadi kami mohon dengan Bappeda agar nanti dananya bisa dimasukan dalam anggaran berikutnya, agar program kita ini terlaksana tahun 2020,”ungkapnya

Ia menjelaskan, anggaran yang digunakan untuk Semenisasi jalan dengan ukuran panjang kurang lebih 125 meter dan lebar 3 meter, bersumber dari DAU sebesar Rp370.000.000 yang dibagi dalam kegiatan Perencanaan dan Pengawasan.

Sedangkan untuk Pembangunan Posyandu dan Tribun Kelurahan berseumber dari APBD, masing-masing untuk pembangunan Posyandu kurang lebih Rp266.000.000 dan pembangunan Tribun lebih dari Rp450.000.000.

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00