• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Pemilu

Syukuri Pemilu Damai, Polres Kubar Gelar Doa Bersama Lintas Agama

24 October
23:57 2019
1 Votes (5)

KBRN, Sendawar : Polres Kutai Barat (Kubar) menggelar doa syukuran atas terselenggaranya pemilihan umum (pemilu) serentak 2019 dengan aman, damai dan sukses di hotel Sidodadi Kelurahan Simpang Raya Kecamatan Barong Tongkok, Kamis (24/10/2019).

Doa bersama itu dipanjatkan seluruh perwakilan agama. Mulai dari Islam, Kristen Protestan, Katolik, Hindu dan Budha.

“Doa bersama ini sebagai ucapan rasa syukur kita karena selama proses pemilu serentak tahun 2019 baik di kabupaten Kutai Barat maupun Mahakam Ulu berjalan dengan baik, aman, lancar, damai dan tertib. Adapun masalah yang kita hadapi tapi puji Tuhan bisa kita selesaikan dan tidak menimbulkan masalah yang lebih besar,” ujar kapolres Kubar AKBP I Putu Yuni Setiawan di sela acara syukuran tersebut.

Kapolres menyebut perjalanan pesta demokrasi nasional mulai dari masa kampanye, pemungutan suara dan puncaknya di pelantikan presiden tanggal 20 oktober lalu relatif tanpa permasalahan berarti. Hal itu kata dia berkat doa dan dukungan dari seluruh elemen terkait di daerah maupun pusat.

“Kami dari polres maupun kodim 0912 Kutai Barat mengucapkan terima kasih banyak atas segala dukungan baik pemerintah daerah, dan instansi terkait sehingga kita bisa melewati pesta demokrasi di Indonesia khususnya di Kubar dan Mahulu dengan aman dan damai,” ungkap Yuni Setiawan.

Meski begitu ia berpesan agar kondisi keamanan ini tetap terpelihara. Mengingat tahun 2020 nanti akan dilaksanakan pemilihan kepala daerah dimana Kubar dan Mahulu juga ikut menyelenggarakan pilkada serentak.

“Dengan jalinan silaturahmi yang luar biasa ini kita yakin bisa terlaksana dengan baik aman dan lancar. Mari kita jaga situasi yang sudah aman dan kondusif ini tetap terpelihara. Kami juga mengimbau hindari berita yang tidak bertanggungjawab dan berita hoax yang bisa memecah belah,” tandasnya.

Bupati Kutai Barat FX.Yapan dalam sambutan tertulis yang dibacakan Asisten satu Misran Effendi juga mengapresiasi kinerja kepolisian dan TNI yang telah mengawal pesta demokrasi dengan baik dan aman.

“Harus kita akui bahwa dengan terciptanya kehidupan masyarakat yang aman seperti saat ini turut serta meningkatkan pembangunan di berbagai bidang. Mewakili pemerintah kami mengucapkan terima kasih kepada kapolres yang sudah bersama-sama menciptakan kondisi aman dan damai,” ungkap FX Yapan.

Tak luput Misran juga membacakan sebait pantun syukuran nasihat sebagai penutup.

“Ini pantun pak bupati. Hujan turun topan melanda, patah satu anak tangga, meskipun kita berbeda-beda, hidup rukun harus tetap dijaga.

“Beli sukun jumlahnya lima, semua gurih saat dirasa, jika rukun dengan sesama, hidup nyaman akan terasa,” demikian bait puisi yang disambut tepuk tangan seisi ruangan.

Kegiatan doa syukuran itu turut dihadiri perwira kepolisian polres Kubar, jajaran TNI kodim 0912 Kubar, Kejaksaan Negeri dan Pengadilan Agama Kubar, seluruh komisioner KPU dan Bawaslu Kubar, pimpinan dan anggota partai politik, organisasi pemuda, lembaga keagamaan, tokoh ormas serta tokoh masyarakat Kutai Barat.

Sementara pemimpin doa masing-masing agama dimulai dari doa Muslim yang dibawakan Ustadz Ahmad Asrori. Kemudian doa Kristen dipimpin Pendeta Sefanus Sumual, doa Katolik oleh Pastor Tadeus Sam Anye, Hindu oleh Mangku Sumidi dan Budha dipimpin Saniah.

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00