• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Pemerintahan

Hadiri Bulan Risiko Bencana 2019 di Babel, BPBD Kubar Kirim 4 Wakil

10 October
19:28 2019
0 Votes (0)

KBRN, Sendawar : Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) menggelar kegiatan bulan pengurangan risiko bencana (PRB) yang dipusatkan di Provinsi Kepulauan Bangka Belitung.

Puncak acara tingkat nasional itu dilaksanakan mulai 11-13 Oktober 2019 diikuti sekitar 10.000 orang. Terdiri dari perwakilan 34 Provinsi di Indonesia, DPR/DPD/DPRD, Kementerian-Lembaga serta BPBD Kabupaten/Kota. Kemudian organisasi nasional, daerah, internasional, forum PRB, praktisi kebencanaan, Perguruan Tinggi, lembaga usaha, dan organisasi masyarakat.

Kabupaten Kutai Barat (Kubar) sendiri diikuti 4 perwakilan, dipimpin kepala pelaksana  BPBD Kubar Jenton.

“Ya kami ada 4 orang dari bidang rehabilitasi dan rekonstruksi, seksi rekonstruksi, kasi logpan dan pak Kalak BPBD sendiri. Karena ini seluruh BPBD diwajibkan ikut, supaya kita bisa satu presepsi dalam menangani bencana,” ungkap kepala seksi rekonstruksi BPBD Kubar Seldas Limbong dihubungi RRI via telpon seluler dari Sendawar Kamis (10/10/2019).

Menurutnya keikutsertaan daerah dalam bulan PRB itu sangat penting untuk menyamakan presepsi terkait penanggulangan bencana.

“Sebetulnya kegiatan sudah dimuali dari pra even tapi kita ikut di acara tehnical event mulai besok sampai tanggal 13 nanti. Disitu nanti ada pertemuan–pertemuan untuk membahas capaian dan strategi kita dalam menjalankan prioritas kebencanaan,” jelasnya.  

Baca Juga: Karhutla Makin Marak, BPBD Kubar Pasang Ratusan Spanduk Peringatan

BNPB di situs resminya menyebut promosi budaya pengurangan risiko bencana di tingkat global diperingati setiap tanggal 13 oktober. Di Indonesia, Peringatan bulan PRB Nasional sudah dilakukan sejak tahun 2013 mulai dari Mataram, Bengkulu, Solo, Manado, Sorong dan Medan. Tahun ini menjadi kali ke-7.

Peringatan bulan pengurangan risiko bencana ini merupakan sarana untuk memperkuat pemahaman pemerintah, lembaga usaha dan masyarakat terhadap aktivitas PRB.

Tema yang diangkat pada Peringatan Bulan Pengurangan Risiko Tahun 2019 adalah “Pengurangan Risiko Bencana Berbasis Ekosistem dan Investasi”.

Adapun rangkaian acara PRB 2019 di Provinsi Bangka Belitung yaitu Pre-Event merupakan kegiatan yang dilakukan sebelum puncak acara yang melibatkan banyak komunitas. Kegiatan ini meliputi kegiatan Jambore Relawan, Kampanye PRB se-Sumatera, Lomba Kreatifitas, dan Bimtek SPAB Berbasis Gugus Depan.

Kemudian Technical Event merupakan pertemuan–pertemuan yang dilaksanakan untuk membahas capaian dan strategi Indonesia dalam menjalankan 4 prioritas. Diantaranya adalah Talkshow kebijakan PB, Pelatihan PB, Seminar SPAB, Seminar Membangun Ketangguhan, Seimar Pengarusutamaan Gender, Seminar Strategi PRB untuk Hidrometeorologi, dan Sosialisasi Mitigasi Bencana.

Lalu ada Public Forum yang melibatkan masyarakat umum berupa  pameran kebencanaan dan ignite stage, lomba tangguh bencana, fieldtrip, jambore komunitas, rally PRB, dan Fun Walk.

Terakhir  Ceremonial Event merupakan rangkaian puncak acara bulan PRB yang diselenggarakan tanggal 13 Oktober puku 10.00-16.00 WIB.

Acara sendiri digelar di dua tempat yakni Pulau Bangka  Belitung, kabupaten Belitung Timur dan Pulau Bangka di Pangkalpinang dan Bangka Tengah.

Baca Juga: Siaga Bencana, Kesbangpol Kubar Gandeng TNI Latih ASN Jadi Tim SAR

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00