• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Pemerintahan

Penerbangan Bandara APT Pranoto di Tutup Sementara

7 October
11:56 2019
0 Votes (0)

KBRN, Samarinda : Operasional penerbangan di Bandar Udara Aji Pangeran Tumenggung (APT) Pranoto Samarinda ditutup sementara untuk perbaikan taxiway yang mengalami kerusakan. Akibat kejadian ini, hari ini beberapa penerbangan menuju ke Samarinda terpaksa mengalami pengalihan (divert) menuju Bandar Udara SAMS Balikpapan dan penerbangan dari Samarinda harus mengalami penjadwalan ulang maupun dibatalkan.

“Kami lalu mengecek di lapangan, dari hasil pengecekan kondisi taxiway mengalami kerusakan berupa titik lendutan dan retakan, kami juga mengajukan NOTAM Aerodrome close D/T TWY U/S” Kepala Unit Penyelenggara Bandar Udara (UPBU) A.P.T. Pranoto, Dodi Dharma Cahyadi, Senin (7/10/2019).

Dari hasil inspeksi dan pengecekan pihak bandara, bahwa taxiway mengalami kerusakan dan tidak dapat digunakan, sehingga pihak bandara mengajukan NOTAM untuk menutup sementara untuk melakukan perbaikan pada taxiway yang mengalami kerusakan, sesuai dengan NOTAM Nomor D0327/19 NOTAMN Perihal Aerodrome Closed D/T TWY Unserviceable mulai pukul 04.23 – 23.00 WITA.

Dodi menambahkan, langkah penutupan sementara diambil guna menjamin keselamatan dan keamanan penerbangan.

"Kami memohon maaf atas ketidaknyamanan para penumpang, terimbas kejadian ini. Tim teknis bandara sedang melakukan perbaikan terhadap kerusakan dan mengupayakan agar penerbangan dapat berjalan dengan normal kembali"ujar Dodi.

Sementara itu, Direktur Jenderal Perhubungan Udara, Polana B. Pramesti menjelaskan bahwa, keselamatan dan keamanan penerbangan merupakan prioritas utama dalam menjalani bisnis penerbangan dan "no go item untuk keselamatan penerbangan.

"Kami menghimbau, kepada seluruh calon pengguna jasa transportasi menuju dan dari Samarinda untuk dapat memaklumi, dan saya memerintahkan kepada penyelenggara bandara APT Pranoto dan operator penerbangan untuk memberikan pelayanan terbaik kepada penumpang sesuai dengan PM 89 Tahun 2015 tentang Penanganan keterlambatan penerbangan,"tegas Polana.

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00