• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Pemerintahan

Kaltim Urutan Ketiga Obesitas Tertinggi di Indoensia

3 October
11:18 2019
0 Votes (0)

KBRN, Samarinda: Sosialisasi Implementasi Kawasan tanpa rokok  dan penyakit tidak menular seperti kelebihan berta badan atau Obesitas yang dibuka secara langsung Plt.Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Kalimantan Timur Asaf Diolo, di Aula Dinas Kesehatan Kaltim di Samarinda Kamis pagi (3/10/2019) .

Dalam sambutannya  Asaf diolo mengatakan dari data riskesdas tahun 2018 lalu menunjukan prevalensi penyakit tidak menular  mengalami kenaikan jika dibandingkan dengan riskedas  2013. Antara lain penyakit kanker,srtoke , penyakit gagal ginjal  kronis, diabetesmelitus.

Sementara itu, Direktur Pencegahan Pengendalian  Penyakit Tidak Menular (P2PTM) Kementrian Kesehatan RI Dr.Cut Putri Aliani M.H.Kes memaparkan tentang, penyakit tidak menular yang saat ini banyak di derita  rakyat Indoensia.

Menurut Cut Putri, penumpukan lemak ayng berlebihanakan menimbulkan berbagai penyakit salah satunya obesitas atau kelebihan berat badan.

“Penumpukan lemak berlebihan ayng dpaat mengganggu kesehatan akibat energy yang masuk itu lebih besar daripada yang keluar, jadi sikronya makanan yang masuk banyak tapi energy yang dikeluarkan tidakberimbang.” Kata Cut Putri

Dengan adanya sosialisasi ini diharapkan rakyat Indonesia khsuusnya masyarakat Kalimantan Timur mulai sekarang dapat berubah gaya hidup  tidak sehat dan mengatur pola makan  yang bergizi dan berimbang. Tegasnya 

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00